PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, MEDIA COMMUNICATION TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BNI SYARIAH MEDAN

Authors

  • Annisa Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Zuhirsyan Politeknik Negeri Medan
  • Muslim Marpaung Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Brand Awareness, Brand Image, Media Communication, Minat Memilih, Produk Bank

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Communication Terhadap Minat Memilih Produk Bank BNI Syariah Cabang Medan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand image dan media communication terhadap minat memilih produk Bank BNI Syariah cabang Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji determinasi dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara variabel brand awareness, brand image, dan media communication terhadap minat memilih produk dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa media communication dan brand image dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dan 0,007 menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk, sedangkan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk dengan tingkat signifikan 0,137.

References

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya:

Qiara Media.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanto, Rian. 2019. Brand & Personal Branding. Yogyakarta: Denokan Pustaka.

Sumarwan, Ujang dkk. 2013. Pemasaran Strategik: Perspektif Value –Based Marketing &

Pengukuran Kinerja. Bogor: IPB Press.

Tosepu, Yusrin Ahmad. 2018. Media Brau Dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual). Surabaya: CV Jakad Publishing.

Pradipta, Dicho. 2016. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Kartu Perdana simPATI Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Vol. 34, No. 1.

Anifah, Anis. 2014. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Communication Terhadap Minat Memilih Produk Bank BNI Syariah Cabang Medan (Studi Kasus Pada Masyarakat Tamanagung Muntilan). Syari’ah dan Hukum. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Firdaus, Ridho. 2017. Pengaruh Brand Image dan Media Communication Terhadap Minat Memilih Produk Pembiayaan Modal Usaha Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Perbankan Syariah. Universitas Raden Intan Lampung.

Undang-Undang Perbankan Syariah No. 21 tahun 2008.

https://ibtimes.id/data-populasi-penduduk-muslim-2020-indonesia-terbesar-di-dunia/ diakses pada 12 Juni 2020 pukul 14.00 WIB

https://katadata.co.id/agungjatmiko/finansial/5e9a5193d3608/bni-syariah-dorong-inklusi-keuangan-syariah-lewat-transformasi-digital diakses pada 12 Juni 2020 pukul 20.00 WIB

https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/2840 diakses pada 27 Juni 2020 pukul 17.28 WIB

https://www.kompasiana.com/hendrazidan1272/5df9847d097f3675f0305aa2/harapan-dan-kendala-bank-bni-syariah-di-desa-sungai-danau?page=all diakses pada 25 Juni 2020 pukul 09.20

WIB

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-media-komunikasi/ diakses pada 5 September 2020 pukul 10.39

https://www.academia.edu/38547312/PENGARUH_GAYA_HIDUP_TERHADAP_MINAT_BELI _KONSUMEN_DALAM_BERBELANJA_ONLINE_pdf diakses pada 5 September 2020 pukul 11.54

AS, R., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.

Hariyanto. (2014). Permasalahan Bahasa Pemograman Java. Bandung: Informatika Bambang.

Imam, F., & Azhari, S. (2012). Proses Pemodelan Software Dengan Metode Waterfall Dan Extreme Programming : Studi. Journal Speed, 4(3).

Susanto, A. (2015). Influence The Quality Of Accounting Information On The Implementation Good Study Program Governance. International Journal Of Scientific & Technology Research, 4(12), 326-335.

Downloads

Published

2020-12-08

How to Cite

Annisa, Muhammad Zuhirsyan, & Marpaung, M. . (2020). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, MEDIA COMMUNICATION TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BNI SYARIAH MEDAN. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(1), 14–24. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/223

Most read articles by the same author(s)