STRATEGI PENINGKATAN “CASA” DALAM MENURUNKAN PRICING DANA DI BANK SYARIAH

Authors

  • Jihan Khairunisa Politeknik Negeri Medan
  • Muslim Marpaung Politeknik Negeri Medan
  • Anriza Witi Nasution Politeknik Negeri Medan

Keywords:

CASA, Pricing Dana, Strategi, Bauran Pemasaran, dan Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Peningkatan CASA dalam Menurunkan Biaya Dana di PT Bank Sumut Syariah. Permasalahan muncul dimana sumber dana pihak ketiga perbankan syariah masih didominasi oleh dana mahal, yaitu deposito, dan ketertarikan masyarakat terhadap profit oriented mengakibatkan biaya dana yang ditanggung perbankan syariah relatif tinggi. Komposisi CASA PT Bank Sumut Syariah menunjukan adanya peningkatan setiap tahunnya dengan melakukan hard selling dan membuat program yang dapat menarik perhatian masyarakat.  Dalam merumuskan strategi peningkatan CASA, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan menerapkan Analisis SWOT dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Analisis matrik IFAS diperoleh total nilai dari faktor internal adalah sebesar 3,1 dan dari matrik EFE diperoleh total nilai dari faktor internal sebesar 2,7. Dari evaluasi faktor internal dan eksternal dapat disimpulkan bahwa faktor internal lebih besar dan berada di kuadran 1 menunjukan situasi yang menguntungkan untuk melakukan kebijakan strategi yang agresif disaat keadaan global dikarenakan wabah pandemic dengan menjadikan ancaman sebagai peluang dalam menjalin kerjasama dengan industri perbankan dan fintech dalam penggunaan teknologi.

 

References

AS, R., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Badina, T., Indriana, I., dan Uzliawati, N. 2017. Faktor-fakor yang Mempengaruhi Penetpan Formula Pricing di Perbankan Syariah. Journal of Islamics Finance and Banking. Vol.1, No.1
Buraera, J., Rahman, A., dan Alam, Syamsu. 2014. Customer Lifetime Value Segmen Konsumer dan Ritel pada PT Bank Negara Indonesia Persero. Jurnal Analisis. Vol.3, No.2
Febriadi, Sandy Rizki. 2017. Aplikasi Maqashid Syariah dalam Bidang Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol. 1 No. 2.
Harmoko, Irfan. 2018. Strategi Pemasaran Produk Bank Syariah dalam Persaingan Bisnis Perbankan Nasional. Jurnal
Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Memahami Bisnis Bank Syariah. Tingkat I General Banking Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jamitko, Ady. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Tapenas Hasanah pada Bank BNI Syariah Semarang. Tugas Akhir. Institut Agama Islam Negeri
Kotler, P dan Keller. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid I. Jakarta: Erlangga
Kuncoro, Mudrajat. 2006. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Salemba Empat
Maryam. 2016. Pengaruh Biaya Dana (Cost Of Fund) dan Kredit Bermasalah Terhadap Profitabilitas pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. Vol.2
Muhammad. 2014. Manajemen Dana Bank Syariah Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Nasution, Anriza Witi dan Fatira, Marlya. 2013. Pengantar Perbankan syariah untuk Profesional Muda. Edisi 1. Yogyakarta: Andi
NS, Sudirman., R.Payangan., Otto., dan Munizu, Musran. 2019. Strategi Optimalisasi Otlet Bank Negara Indonesia Pemutus Kredit Konsumer pada Kantor Wilayah Makasar. Hasanuddin Journal of Business Strategy. Vol.1, No.4
Optianti, Hutri Rizki Raisa. 2011. Analisis Strategi Terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga. Skripsi. Universitas Jember
Pahlawan, Hardiansyah. 2012. Analisis Pengaruh Biaya Dana (Cost of Fund) Giro, Tabungan, dan Deposito terhdapa Rentabilitas Bank Persero BUMN Inonesia. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makasar
Putri, Kirana Meidina. 2019. Pengaruh Religiusittas dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Bagi Masyarakat Muslim Kota Medan. Skripsi. Politeknik Negeri Medan
Putri, S. A., dan Firmansyah, E. J. 2017. Optimalisasi Laku Pandai Berbasis Masjid Guna Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Berkelanjutan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3 No. 2.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rejeki, Plenty. Analisis Strategi Peningkatan CASA (Current Account Saving Account) untuk Meningkatkan Laba di Bank BJB Syariah. Tesis. Universitas Widyatama Bandung
Riyadi, Slamet. 2006. Banking Asset and Liability Management. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Sinambela, Y., Darniati, dan Panjaitan, N. 2018. Analisis Strategi Pemasaran CV Karunia Makmur Persada dengan Metode SWOT. Juitech. Vol.2, No.2
Sjahdeini, Sutan Remy. 2014. Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek Hukumnya Jakarta:Kencana Prenadamedia Group
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulaiman, Anggi. 2011. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Wadi’ah Bank Mega Syariah. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah
Taswan. 2005. Akuntansi Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YPKP
Taswan. 2006. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YPKP
Utari, Stephani. 2017. Strategi Peningkatan CASA untuk Meningkatkan Tabungan Kantor Wilayah Jakarta 1 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.
Utami, Yuni. 2018. Analisis Pengaruh Tabungan, Deposito dan Giro terhadap Pembiayaan Murabahah pada PT Bank Syariah Mandiri, TBK. Skripsi. Politeknik Negeri Medan
Wijayanti, Intan Manggala. 2019. Peran Nasabah dalam Perkembangan Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol 3
https://banksumut.co.id/wp-content/uploads/2019/03/Annual-Report-BankSumut2 017.pdf. Diakses 4 Juli 2020. Diakes pukul 17.32 WIB.
https://quran.kemenag.go.id/sura/5/1. Diakses 10 Agustus 2020. Pukul 11.00 WIB.
https://www.banksumut.co.id/wp-content/uploads/2020/01/Annual-Report2018_BankSUMUT_rev24 June.pdf. Diakses 4 Jul 2020. Pukul 17.32 WIB.
https://www.banksumut.co.id/wp-content/uploads/2020/06/01.-LAPORANTAHUNAN-ANNUALRE PORT-PT.-BANK-SUMUT-TAHUN-BUKU2019.pdf . Diakses 4 Jul 2020. Pukul 17.32 WIB.
https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/2712.Diakses 26 Agustus 2020. Pukul 21.45 WIB.
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/roadmap-pbs_2015-2019.pdf. Diakses pada 12 April 2020. Pukul 12.30 WIB.
https://www.google.co.id/search?q=PT+bank+sumut+syariah&safe=active&source. Diakses 4 Jul 2020. Pukul 17.32 WIB.
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangankeuangansyariah indonesia/Documents/Laporan%20Perkembangan%20Keuangan%20Syariah%20Indonesia%20%28LPKSI%29%202018.pdf. Diakses 12 April 2020. Pukul 11.57 WIB.
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/ Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---April2020/SPS%20April%202020.pdf. Diakses 12 September 2020. Pukul 10.30 WIB.
https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/regulasi/undang-undang/Pages/undang-undang-nomor-21-tahun-2008-tentang-perbankan-syariah.aspx. Diakses pada 3 April. Pukul 11.34 WIB.

Downloads

Published

2020-12-08

How to Cite

Jihan Khairunisa, Marpaung, M. ., & Nasution, A. W. (2020). STRATEGI PENINGKATAN “CASA” DALAM MENURUNKAN PRICING DANA DI BANK SYARIAH. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(1), 25–34. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/219