Analisis SWOT Pemasaran Tabungan iB Melalui Mobile Banking Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan

Authors

  • Sufi Syahara
  • Muslim Marpaung Politeknik Negeri Medan
  • Ismi Affandi Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Strategi Pemasaran, Mobile Banking, Bank Syariah, SWOT Analisis

Abstract

This research is about "Swot Analysis of IB Savings Marketing through Mobile Banking at PT Bank Sumut Syariah Medan Branch Office." In early 2020, the North Sumatra bank prepared e-channel services or mobile services to improve service and facilitate customer transactions. It turns out that there are still many customers who do not understand the ease of use of transacting using mobile banking. This can occur because of limited information that causes many customers do not know if there is a mobile banking feature at Bank Sumut. This study aims to determine how the marketing strategy at PT Bank Sumut Branch Syariah Medan in increasing the number of customers who use mobile banking product. The type of research used by researcher is field research (qualitative), namely field research used by interviewing, observing, and describing the facts that occur in the field by focusing on the results of the research data collected directly in the field from informants or predetermined sources. The results of the study used a descriptive SWOT analysis. Based on the results of research conducted by researcher that the strategy carried out by PT Bank Sumut Syariah Medan Branch Office states that the marketing mix strategy variable has a significant effect on customers who use the mobile banking application.

Penelitian ini tentang “Analisis SWOT Pemasaran Tabungan IB Melalui Mobile Banking Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan." Di awal tahun 2020 bank sumut mempersiapkan layanan e-channel atau layanan bersifat mobile demi peningkatan pelayanan dan memudahkan transaksi nasabah. Ternyata masih banyak nasabah yang belum paham akan kemudahan penggunaan bertransaksi menggunakan mobile banking. Hal tersebut dapat terjadi karena keterbatasan informasi yang menyebabkan banyak nasabah yang tidak tahu jika ada fitur mobile banking di Bank Sumut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran di PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan dalam meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan produk mobile banking. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah field research (kualitatif), yaitu penelitian lapangan yang digunakan dengan metode wawancara, observasi, serta menggambarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan dengan menitik beratkan pada hasil-hasil pengumpulan data yang didapatkan secara langsung dilapangan dari para informan ataupun narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif  SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa strategi yang dilakukan oleh PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan menyatakan bahwa variabel strategi bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nasabah yang menggunakan aplikasi mobile banking.

References

Amijaya, G. R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah bank Dalam Menggunakan Internet Banking.
Ardiansyah, G. (2020, Juni 30). Pengertian Bauran Pemasaran.
Armstrong, K. d. (2008). Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Assauri, S. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi pertama, CET ke- 8 . Jakarta: Raja Grafindo.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
AK, M. F., & Agus, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Sebagai Penentu Kepuasan Nasabah Pt Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kcu Medan Sudirman. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/187
at-tirmidzi, H. (2014, agustus 27). http://anast2009.blogspot.com/2014/04/manajemen-pemasaran-islam.html. Retrieved from anast2009: http://anast2009.blogspot.com/2014/04/manajemen-pemasaran-islam.html
Binus, L. (2020, April 15). Retrieved from Pengertian Strategi Menurut Jhonson and Scholes.
Binus, U. (2014). in Depth Interview.
Herlambang, B. H. (2014). Pengantar Ilmu Bisnis. . Yogyakarta: Pramata Publishing.
https://ahliperbankan.com/mobile-banking-strategy/ . (2020, Juni 27). Retrieved from Ahli Perbankan: https://ahliperbankan.com/mobile-banking-strategy/
Indonesia, I. B. (n.d.). . Memahami Bisnis Bank Syariah. Gramedia.
Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. . Jakarta: Kencana.
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank, ed. 1. CET 2. . Jakarta: Kencana.
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. . Jakarta: Prenanda Media.
Khasanah, A. U. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Aplikasi Mobile Banking di Bank BRI .
Majid, M. (2020, Agustus 28). Retrieved from Marketing Mix : Pengertian, Tujuan, dan Konsep Bauran Pemasaran.

Muniarty, P., Abbas, D. S., AK, M. F., Sugiri, D., Nurfadilah, D., & ... (2020). MANAJEMEN PERBANKAN. repository.penerbitwidina.com. https://repository.penerbitwidina.com/publications/328999/manajemen-perbankan

Masruroh, U. (2015). Analisis Swot dalam strategi pemasaran Produk Tabungan .
Materi Belajar. (2020, April 17). Retrieved from Pengertian Strategi.https://materibelajar.co.id/pengertian-strategi/ : Pengertian Strategi.https://materibelajar.co.id/pengertian-strategi/
Mobile Banking. (2020, April 15). Retrieved from https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking : https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking
Nasution, A. W., & Fatira AK, M. (2013). Pengantar Perbankan Syariah untuk Profesional Muda. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Philip Kotler, G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga h.6.
Porter, M. E. (1983). Competitive Advantages: Creating and Sutaining Superior Performance, New . New York: The Free Press.
Rangkuti, F. (2002). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Perumusan Strategi Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rizki Yudhi Dewantara, A. F. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Malang: Universitas Brawijaya.
Siagian, S. (1995). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sumut, B. (2020, April 15). https://www.banksumut.co.id/sms-banking/# . Retrieved from Bank Sumut: https://www.banksumut.co.id/sms-banking/#
Syamsul, H. (2015). Retrieved from Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking.
Tafsir Quran. (2019, Agustus 27). Retrieved from https://sunni.id/tafsir-surat-saff61-ayat-10-13/: https://sunni.id/tafsir-surat-saff61-ayat-10-13/
Wahyudi, A. S. (1996). Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berfikir Strategik. Jakarta: Bina Rupa Aksara hlm.7.
Wangsawidjaja. (2012). Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, hlm 1.
Yahya, Y. (2006). Pengantar Manajemen. Edisi I . Yogyakarta: Graha Ilmu h. 38-39.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Syahara, S., Marpaung, M., & Affandi, I. (2022). Analisis SWOT Pemasaran Tabungan iB Melalui Mobile Banking Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(1), 47–58. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/685