Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Dan Motif Rasional Terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah
Keywords:
Religiusitas, Pengetahuan, Motivasi, Keputusan, Bank SyariahAbstract
This study aims to understand the influence of religiosity, knowledge, and rational motives on students' decisions to save at Islamic banks in the city of Medan. The study used a quantitative research approach, and data analysis was carried out using the multiple regression method. Data were collected through a survey by distributing questionnaires through an online form to 69 student respondents from the Medan State Polytechnic of Finance and Islamic Banking Study Program using a purposive sampling method. This study found that the variables of religiosity and knowledge partially had a significant effect on students' decisions to save at Islamic banks in the city of Medan, with significant values of 0.000 and 0.009, respectively. And the rational motive variable partially has no significant effect on the student's decision to save at an Islamic bank in Medan, with a considerable value of 0.112. The variables of religiosity, knowledge, and rational motives simultaneously influence students' decisions to save in Islamic banks in the city of Medan. Because the F count is 78.730 > F table 2.75 (78.730 > 2.75) and the significant value obtained is 0.000 <0.05 (0.000 <0.05), the coefficient of determination test shows that religiosity, knowledge, and rational motives affect variation in the ups and downs of student saving decisions are as much as 77.3% while the remaining 22.7% is influenced by other variables not included in this study.
Penelitian ini tujuannya untuk mengerti pengaruh religiusitas, pengetahuan serta motif rasional pada keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan. Penelitian memakai pendekatan kuantitatif riset dan analisis data dilaksanakan dengan metode regresi berganda, data dikumpulkan melalui survey dengan membagi kuesioner melalui online form kepada 69 responden mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan dengan memakai metode sampel purposive sampling. Penelitian ini menemukan bahawa variabel religiusitas serta pengetahuan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan dengan nilai signifikan masing masing sebanyak 0,000 dan 0,009. Dan variabel motif rasional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan dengan nilai signifikan 0,112. Variabel religiusitas, pengetahuan serta motif rasional secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menabung di bank syariah kota Medan. Sebab F hitung 78,730 > F tabel 2,75 (78,730 > 2,75) dan nilai signifikan yang diperoleh sebanyak 0,000 < 0,05 (0,000 < 0,05), uji koefisien determinasi memperlihatkan bahwa variabel religiusitas, pengetahuan dan motif rasional mempengaruhi variasi naik turunnya keputusan mahasiswa menabung ialah sebanyak 77,3% sedangkan sisanya sebanyak 22,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk pada penelitian ini.
References
Arwani. (2015). Pengaruh Sikap Mahasiswa Muslim Terhadap Minat Pada Bank Syariah . Jurnal Penelitian.
Audina Putribasutami & Sista Paramita, R. A. (2018). Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Pendahuluan, Dan Sosial Terhadap Keputusan Menabung Di Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen.
Fatira Ak, M., & Agus, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Sebagai Penentu Kepuasan Nasabah Pt Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kcu Medan Sudirman. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal. Http://Ojs.Polmed.Ac.Id/Index.Php/Bilal/Article/View/187
Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Prefensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang . Balance Jurnal Akuntansi Dan Bisnis.
Isa Et Al. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan . Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah .
Judono. (2016). Pengaruh Pemahaman Rasional Pembiayaan Syariah Dan Religiusitas Petani Terhadap Sikap Petani Dalam Menentukan Bank Syariah . Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan .
Munajim & Anwar. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Jadi Nasabah Bank Syariah. . Ilmiah Indonesia.
Nasution, A. W., & Fatira, M. (2019). Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Keuangan Dan Perbankan Syariah. Jurnal. Https://Www.Academia.Edu/Download/63535544/4258-16200-1-Pb_Jurnal_Equilibrium_No_7_Tahun_201920200605-26740-R1lrpq.Pdf
Paramita, A. P. (2018). Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Pengetahuan, Dan Sosial Terhadap Keputusan Menabung Di Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen.
Pddikti.Kemdikbud.Go.Id. (2022). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.
Rachmawati, A. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Jadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 1-20.
Santoso, I. &. (2019). Branding Islam Dan Religiusitas Individu Pada Keputusan Nasabah Dalam Memakai Produk Bank Syariah. Jurnal Of Business & Enterpreneurship.
Sari Et Al. (2012). Religiusitas Pada Hijabers Community Bandung. Prosiding Seminar Nasiona Penelitian Dan Pkm : Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora . Bandung: Hijabers. Community. Bers.
Syarifuddin, S., Arfah, F., Rahmawati, I., Mulyono, S., & ... (2020). Ekonomi Syariah. Repository.Penerbitwidina.Com. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Publications/325313/Ekonomi-Syariah
Www.Kedinasan.Info. (2019). Daftar Perguruan Tinggi Negeri Swasta.
Yusa. (2015). Pengaruh Motif Rasional Dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Blackberry Di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 dina fadilah, Rizal Agus Nasution , Ismi Affandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.