Pengaruh Persepsi, Religiusitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Mahasantri Pesantren Ar Raudhatul – Hasanah Di Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.390Keywords:
Keputusan memilih, Persepsi, Religiusitas, LokasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi berpengaruh terhadap keputusan menabung mahasantri Ar Raudhatul – Hasanah di Perbankan Syariah, untuk mengetahui pengarruh religiusitas terhadap keputusan menabung mahasantri Pesantren Ar Raudhatul – Hasanah di Perbankan Syariah, untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap keputusan menabung mahasantri Pesantren Ar Raudhatul – Hasanah. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner 75 orang yang dianalisis melalui Analisis Regresi Linear berganda dengan bantuan program spss 17. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari variabel persepsi, religiusitas, lokasi secara parsial terhadap keputusan menabung. Sementara secara simultan juga tidak semua variabel positif signifikan terhadap keputusan menabung.
References
Azzahrah M. 2016. Pengaruh Pengetahuan dan Disposable Income terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel moderasi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kali Jaga). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga
Dedi Supriyadi dan Mustafa Hasan, 2012. Bandung: CV. Pustaka Setia
Fauzi, Yayan 2010. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah Menabung di Perbankan Syariah (Studi kasus pada BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Syariah Ilmu Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Fauzi Amiruddin, Muhammad, 2018. Psikografis dan Religiusitas dalam Bertransaksi pada BNI Syariah Makassar. Jurnal Ekonomi Islam, Vol.3, No.1
Ma’arif. 2016. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah”. Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muhammad, 2017. Manajemen Dana Bank Syariah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Priyatno Duwi, 2014. SPSS 22 Pengelolahan Data Terpraktis, Yogyakarta: CV. Andi Offset
Rivai, H., Luviarman, N., & Dkk. (2006). Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah vs Bank konvensional. Kerjasama Bank Indonesia Dan Center for Banking Research Universitas Andalas.
Rohmadi, Nurbaiti, & Junaidi. (2016). Analisi Faktor Penentu Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional di Kote Bengkulu. Jurnal Munhaj, 4(3), 283–290.
Sugiono, 2012. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.
Suharso dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux, Semarang: CV. Widya Karya
Sutan Remy Shahdeini, 2014. Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana Prenadamedia
Utama, Indra, 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Religiusitas, Bauran Promosi, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Proses Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Ib Hasanah BNI Syariah Kantor Cabang BSD. Skripsi.
https://www.cermati.com//, diakses pada 14 April 2020 jam 10.45 WIB
https://www.ojk.go.id/, diakses pada 20 Juni 2020 jam 21.06 WIB
http://medan.tribunnews.com/ diakses pada 20 Juni 2020 jam 21.41 WIB
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah, diakses pada 6 mei 2020 jam 15.26 WIB
http://journal2.uad.ac.id/index.php/ijiefb/article/view/273/267 pada 10 Mei 2020 jam 13.13 WIB
https://rayendar.blogspot.com/2015/06/metode-penelitian-menurut-sugiyono-2013.html. Diakses pada 20 Mei 2020 Jam 13.15 WIB.