Pengaruh Interaksi Sosial Budaya Dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah

Authors

  • Putri Ariyaningsih POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Muhammad Zuhirsyan Politeknik Negeri Medan
  • Hubbul Wathan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.388

Keywords:

Interaksi Sosial Budaya, Pemahaman Tentang Riba, Keputusan Nasabah

Abstract

Pemgaruh Ineraksi Sosial Budaya dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Pada PT Bank Muamalat KC Medan Balai Kota. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Pada PT Bank Muamalat KC Medan Balai Kota, sedangkan variabel independen terdiri dari Sosial Budaya dan Pemahaman Tentang Riba . Sampel dalam  penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda, uji parsial (t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software program SPSS 22. Hasil penelitian dengan uji parsial (t) menunjukkan bahwa diantara 2 variabel independen terdapat 1 variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen karena nilai signifikasi > 0,05 yaitu Interaksi Sosial Budaya (0,175>0,05), dan selebihnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebab nilai signifikansi < 0,05 (0,000<0,05) dan secara simultan Interaksi Sosial dan Pemahaman Tentang Riba memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah nasabah  Memilih Bank Syariah yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar (0,000<0,05).

References

Andespa, Roni.2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah (jurnal). Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Andrianto Dan Firmansyath M.Anang.2019. Manajemen Bank Syariah (Implementansi Teori Dan Praktek). Cv. Penerbit Qiara Media.

Aprianti,Karlena.2017. “Pengaruh Sosial Budaya Dan Pemahaman Hukum Riba Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah(Studi Pada Bank Muamalat Cabang Yogyakarta)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bank Muamalat Indonesia, Produk dan layanan [Internet]. [diunduh 2020 Agustus 15]. Tersedia Pada: https://www.bankmuamalat.co.id

Desiana,Susilowati Dewi Dan Putri Kencono Negina.2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Universitas Jenderal Soedirman .Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 11.

https://www.kompasiana.com/ikayulip/572ac4d3f1927349059f6b6f/perkembangan-bank- syariah-di-indonesia.Diakses tanggal 5 Mei 2016. pukul 11:37 Wib
https://www.bankmuamalat.co.id/hubungan-investor/laporan-tahunan
https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20191117132126-29-115825/hak-jawab-bank-muamalat-perkuat-segmen-ritel. Di Akses 17 Nov 2017.

Kamarni,Neng.2012.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Berhubungan Dengan Bank Syariah Di Kota Padang. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Volume 3.

Karim,Adiwarman A.2014. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan Edisi Kelima.Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mahmuda Rifaatul Dan Anwar Khoirul Moch.2019. Pengaruh Pemahaman Tentang Riba Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Di Bni Syariah Surabaya . Jurnal Ekonomi Islam Volume 2 Nomor 3.

Maysaroh,Damayanti.2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah”. Skripsi Prodi Keuangan Islam Fakultas Syari’ah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahmayani,Hafni.2019. “Pengaruh Motivasi Menghindari Riba Dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt Bank Sumut Syariah Cabang Medan”. Skripsi Program Studi Keuangan & Perbankan Syariah Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan Medan.

Saputro, Diky Ryan. 2017. “Pengaruh Kelas Sosial, Gaya Hidup, Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Memilih Institusi Perguruan Tinggi Negeri (Studi Pada Mahasiswa Fakultas EkonomiDan Bisnis Islam Iain Surakarta)”. Skripsi Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Susilawati,Mita. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah ( Jurnal). Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda.

Sharvina, Shara. 2019. “ Pengaruh Sosial, Budaya, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Pada Bni Syariah Cabang Banda Aceh)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar–Raniry Banda Aceh.

Syafril Dan Huda Nuril.Analisis Faktor Sosial Budaya Dan Psikologis Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Pada Warung Mikro Studi Pada Pt Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin.Jurnal.


Tafsir Qur‟an. 2015. Surah Ali „Imran Ayat 130, https://tafsirq.com/3- ali- imran/ayat-130. Diakses tanggal 25 April 2020. Pukul 10.00 WIB.

Tafsir Qur‟an. 2015. Surah Al Baqarah Ayat 275. https://tafsirq.com/2-al-baqarah?page=28. Diakses tanggal 25 April 2020. Pukul 10.00 WIB.

Wahyulkarimah, Annisa.2018. “Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi Dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah” (jurnal). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Zulbahri, Arif .2019. “Pengaruh Budaya Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Masyarakat Untuk Menabung Di Baitul Maal Wa Tamwil (Studi Kasus Desa Gaya Baru Vii Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah)”.Skripsi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Putri Ariyaningsih, Muhammad Zuhirsyan, & Hubbul Wathan. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial Budaya Dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah . Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(2), 170–179. https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.388