PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT IBU MUSLIM KOTA MEDAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN HALAL

Authors

  • Karina Chairunnisyah Politeknik Negeri Medan
  • Marlya Fatira AK Politeknik Negeri Medan
  • Hubbul Wathan Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Makanan Halal, Ibu Muslim, Consumer Behaviour, Religiusitas, Sertifikasi Halal

Abstract

Penelitian ini tentang “Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal.”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang di kuantitatif kan dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada 204 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan uji parsial (uji statistik t). Hasil penelitian ini menunjukkan Religiusitas secara parsial berpengaruh kuat, positif dan signifikan terhadap minat Ibu Muslim Kota Medan dalam mengkonsumsi produk makanan halal dengan nilai pengaruh sebesar  52,6%  dan terbukti t hitung (2,162) lebih besar dari t tabel (1,9718) sehingga  dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat Religiusitas maka semakin tinggi pula minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Ibu Muslim yang religius memiliki karakteristik mayoritas berusia 41-50 tahun yang berpendidikan S1, berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga, memiliki pendapatan dan pengeluaran mayoritas sebesar >Rp 1.000.000 s/d Rp 5.000.000 dan memiliki tanggungan keluarga sebanyak 2 orang.

References

Al Qur’an dan Terjemahan. 2010. Jakarta: Departemen Agama RI.

Ancok, Jamaludin dan Fuad Ansori Suroso. 2011. Psikologi Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aries, Muhammad, Sunarti dan M. Kholil Mawardi. 2018. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Fakultas Ilmu Administrasi. Univеrsitas Brawijaya Malang.

Badan Pusat Statistik Kota Medan.2020.Kota Medan Dalam Angka 2020.Medan: Badan Pusat Statistik Kota Medan.

Ghozali, Imam.2017. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit.

Hatta, Ahmad, Tamam, Abas Mansur dan Ahmad Syahirul Alim. 2013. Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya dari Lahir sampai Mati Berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah. Cetakan I. Jakarta: Magfirah Pustaka.

LPPOM MUI Kota Medan.2020.Data Produk Makanan Halal.Medan.

LPPOM MUI Sumatera Utara.2020.Data Produk Makanan Halal.Medan.

Mustiko Aji, Hendy.2018. Manajemen Pemasaran Syariah Teori dan praktik. Edisi 1 Cetakan Pertama.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mutmainah, Lu’liyatul.2018. Ihtifaz Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, Vol.1, No 1 & 2, Juni-Desember 2018, pp. 33-50.

Reza, I. F. 2013. Hubungan Antara Religiusitas Dengan Moralitas Pada Remaja Di Madrasah Aliyah MA .Jurnal. Humanitas, Vol. X. No.2.

Rianawati.2014. Peran Ibu Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Pandangan Islam. Pusat Studi Gender Dan Anak. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.

Rois, Ekawati Labibah Handayani. 2016. Pengaruh Religiusitas, Norma Subyektif dan Perceived Behavioral Control terhadap Niat Membeli Produk Makanan Ringan Berlabel Halal (Studi Kasus Mahasiswa Muslim). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Syahrir, Ach. Abdul Rahem., dan Adistiar Prayoga. 2020. Religiositas Mahasiswa Farmasi UIN Malang Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal of Halal Product Research. Pusat Riset Dan Pengembangan Produk Halal Universitas Airlanga, Vol 3 Nomor 1, Mei 2020.

Syarifah, Masning.2014. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Konsumen Produk Makanan Otak-Otak Bandeng Bu Muzanah di Kota Gresik. Fakultas Syari`ah Dan Hukum. Jurusan Ekonomi Islam. Prodi Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Surabaya.

Callistasia Wijaya. 2020, online https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51262379, diakses pada 6 Juli 2020, pukul 12.00 WIB.

Gotomalls. Breadtalk Plaza Medan Fair (dokumentasi konsumen), online https:// https://www.gotomalls.com/malls/L3j9l_LOVUlah6qz/plaza-medan-fair/stores/L3pZbKLOVPxhAf7p/breadtalk, diakses pada 23 Juli 2020, pukul 10.15 WIB.

Halal MUI.2020, diakses pada 2 Mei 2020, pukul 14.15 WIB.

Kumparan. 2020, online https://kumparan.com/kumparannews/virus-corona-diduga-muncul-pertama-kali-pada-17-november-2019-di-hubei-1t11BcMNz73/full, dikases pada 6 Juli 2020, pukul 11.30 WIB.

Rumaysho. 2020, online https://rumaysho.com/18473-hadits-arbain-10-halal-berpengaruh-pada-doa-kita.html, diakses pada 6 Agustus 2020, pukul 13.15 WIB.

Wikipedia.2020, online https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Medan, diakses pada 10 Agustus 2020, pukul 10.48 WIB.

Downloads

Published

2020-12-08

How to Cite

Karina Chairunnisyah, Marlya Fatira AK, & Hubbul Wathan. (2020). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT IBU MUSLIM KOTA MEDAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK MAKANAN HALAL. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(1), 43–49. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/220