Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Melalui Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Authors

  • Hartono Ginting Politeknik Negeri Medan
  • Sastra Karo Karo Politeknik Negeri Medan
  • Jhon Sihar Manurung Politeknik Negeri Medan
  • Jasa Ginting Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Training, Classroom Action Research, Data Processing

Abstract

Berdasarkan informasi bahwa  kurangnya minat guru di SMA Masehi Berastagi untuk mengadakan penelitian tindakan kelas atau karya ilmiah disebabkan karena beban kerja mengajar yang cukup berat ditambah dengan kurangnya motivasi untuk melaksanakan penelitian, kurangnya pengetahuan untuk mengolah data hasil penelitian  dengan  komputer khususnya menggunakan Software Ms Excel dan SPSS. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para guru tersebut diatas maka kami memberikan suatu pelatihan bagaimana membuat karya ilmiah dan bagaimana cara mengolah data penelitian dengan menggunakan software Microsoft Excel dan SPSS. Dengan materi dan metode pelatihan praktek langsung di laboratorium komputer maka para guru yang mengikuti pelatihan dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang akan digunakan untuk mengolah data hasil penelitian sehingga dapat memberikan motivasi kepada guru untuk melaksanakan penelitian untuk untuk membuat karya ilmiah yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada Sabtu, 2 September 2023 dengan peserta 30 orang guru. Rata-rata nilai pretest adalah 71,67 dengan standart deviasi 5,31 dan nilai post test rata-ratanya 83,70 dengan standart deviasi 4,50 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetehuan setelah pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yaitu rata-ratanya naik sebesar 12,03 nilai, ditinjau dari standart deviasi juga mengalami penurunan sehingga dapat dikatakan perbedaan pengetahuan peserta lebih merata sehingga dengean bertambahnya pengetahuan dapat memberikan motivasi kepada guru untuk melaksanakan penelitian untuk membuat karya ilmiah yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidkan dan kesejahteraan guru.

 

 Based on information that teachers' lack of interest in conducting classroom action research or scientific work is due to the fairly heavy teaching workload coupled with a lack of motivation to carry out research a lack of knowledge to process research data using computers, especially using MS Excel and SPSS software. To overcome the problems faced by the teachers mentioned above, we provide training on how to create scientific work and how to process research data using Microsoft Excel and SPSS software. With direct practical training materials and methods in the computer laboratory, teachers who take part in the training can gain knowledge and skills that will be used to process research data so that it can motivate teachers to carry out research to create scientific work, which in turn will improve the quality of education. and teacher welfare. Implementation of service activities on Saturday, September 2, 2023, with 30 teachers participating. The average pretest score was 71.67 with a standard deviation of 5.31 and the average post test score was 83.70 with a standard deviation of 4.50. This shows that there was an increase in knowledge after implementing this training activity namely, the average increased by 12 .03 value; in terms of standard deviation, it has also decreased so that it can be said that the differences in participants' knowledge are more evenly distributed so that increasing knowledge can motivate for teachers to carry out research to create scientific work which in turn will improve the quality of education and teacher welfare.

 

References

Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Listya, K., & Al Azhar, U. (2021). Learning Results and Online Learning Activities of Accounting Students During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Scientia, 10(1), 62–70. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Ginting, H., Karo Karo, S., Manurung, J. S., & Ginting, J. (2023). Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Melalui Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 4(2), 67–71. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/1504