Implementasi Karya Inovatif Guru-Guru SD Dan SMP Melalui Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Authors

  • Hartono Ginting Politeknik Negeri Medan
  • Sastra Karo Karo Politeknik Negeri Medan
  • John Sihar Manurung Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Pengolahan Data

Abstract

Guru adalah salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan nasional. Peran, tugas dan tanggung jawab guru sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Untuk melaksanakan fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan guru yang profesional. Salah satu ciri profesionalisme adalah aktif melaksanakan penelitian tindakan kelas.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang  berlaku efektif mulai berlaku 1 Januari 2013, dimana untuk kenaikan pangkat/ jabatan Fungsional Guru diwajibkan membuat Karya Inovatif berupa Penelitian, Karya Tulis Ilmiah, Alat Peraga, Modul, Buku, atau Karya Teknologi Pendidikan. Menurut data yang diperoleh bahwa jumlah guru SD dan SMP di Kecamatan Barus Jahe  Kabupaten Karo yang masih golongan pada III cukup banyak (55%) dengan masa golongan  yang sudah lama (4 – 10 tahun). Penyebab utama keterlambatan itu adalah kurangnya minat dalam membuat karya ilmiah yang menjadi persyaratan utama dalam kenaikan golongan. Berdasarkan pengakuan beberapa guru bahwa kurangnya penulisan karya ilmiah disebabkan karena beban kerja mengajar yang cukup berat ditambah dengan kurangnya motivasi untuk melaksanakan penelitian, kurangnya pengetahuan untuk mengolah data hasil penelitian  dengan  komputer khususnya menggunakan Software Ms Excel dan SPSS. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para guru tersebut diatas maka kami memberikan suatu pelatihan bagaimana membuat karya ilmiah dan bagaimana cara mengolah data penelitian dengan menggunakan software Microsoft Excel dan SPSS. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada Senin, 21 November 2022 dengan peserta 19 orang guru. Dengan materi dan metode pelatihan praktek langsung di laboratorium komputer maka para guru yang mengikuti pelatihan dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang akan digunakan untuk mengolah data hasil penelitian dengan Ms. Excel dan SPSS  sehingga dapat memberikan motivasi kepada guru untuk melaksanakan penelitian untuk  membuat karya ilmiah yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidkan dan kesejahteraan guru.

Teachers are one of the essential components of a national education system. The role, duties, and responsibilities of teachers are critical in realizing the goals of national education, namely educating the nation's life and improving the quality of Indonesian people. To carry out these very strategic functions, roles, and positions, professional teachers are needed. One of the characteristics of professionalism is actively carrying out classroom action research. Regulation of the Minister of National Education Number 35 of 2010 concerning Technical Instructions for the Implementation of Functional Teacher Positions and Credit Points which took effect on January 1 2013, whereby for promotion to the rank/position of Functional Teachers, it is required to do Innovative Works in the form of Research, Scientific Writing, Teaching Aids, Modules, Books, or Educational Technology Works. According to the data obtained, there are quite a lot of elementary and junior high school teachers in Barus Jahe District, Karo Regency, who are still in class III (55%) with old age groups (4-10 years). The main cause of the delay is the lack of interest in doing scientific work, which is the main requirement for a promotion. Based on the acknowledgment of several teachers that the lack of writing scientific papers was due to the quite heavy teaching workload coupled with a lack of motivation to carry out research, a lack of knowledge to process research data using computers, especially using Ms Excel and SPSS software. To overcome the problems faced by the teachers mentioned above, we provide training on how to do scientific work and how to process research data using Microsoft Excel and SPSS software. Implementation of community service activities on Monday, November 21, 2022, with 19 teacher participants. With the materials and methods of hands-on training in the computer laboratory, teachers who take part in the activity can gain knowledge and skills that will be used to process research data with Ms. Excel and SPSS to provide motivation to teachers to carry out research to create scientific work which in turn will improve the quality of education and teacher.

References

Nur Tanjung, Bahdin dan Ardial. 2015, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. Jakarta: Prenada Media

Permana, Budi, 2013, 36 Jam Belajar Ms Excel 2000, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tanggal 6 Mei 2010

Santoso, Singgih, 2018, SPSS Ver 15 Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Cetakan Kelima, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬__________, 2014, SPSS Untuk Parameter, Cetakan Keempat, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Supranto, J, 2010, Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi ke enam, Erlangga, Jakarta

Barus Jahe Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Kabupaten Karo,2020

Wijaya, Ir. (2018), Analisis Statistik dengan Program SPSS, Alfabeta, Bandung

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ginting, H., Karo Karo, S., & Manurung , J. S. . (2022). Implementasi Karya Inovatif Guru-Guru SD Dan SMP Melalui Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 3(2), 9–14. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/1023