PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PESANTREN DI BANK SYARIAH

Authors

  • Nurbaiti Politeknik Negeri Medan
  • Supaino Politeknik Negeri Medan
  • Diena Fadhilah Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Pengetahuan, dan Minat Menabung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah (studi kasus masyarakat pondok pesantren Ar-Raudhatul Hasanah)”. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menabung sedangkan variabel independen terdiri dari pengetahuan, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan regresi berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi, dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α=0,05) yang diolah dengan bantuan alat SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan Pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.

References

Al-Qur’an Dan Terjemahan. 2010. Jakarta:Departemen Agama RI.

Abdallah, Muhammad Dan Irsyad Lubis. (2015). Analisis Minat Menabung Pada
Bank Syariah Di Kalangan Siswa Sma Di Kota Medan(Studi Kasus: Siswa Madrasah Aliyah Negeri). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan. Vol 3. No. 6. Diakses tanggal 3 mei 2020 Pukul 20.45 WIB.

Abdul, Rouf. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat Di Rumah Zakat Cabang Semarang. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang. Diakses tanggal 26 mei 2020 Pukul 21.00 WIB.

Aminudin, Muhammad. (2016). Pengaruh Pengetahuan Santri, Lokasi Dan
Fa silitas Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Al Huda Doglo Cepogo Kabupaten Boyolali). Skripsi. IAIN Salatiga. Salatiga. Diakses tanggal 3 mei 2020 Pukul 22.30 WIB.

Andadari, dkk. (2019). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Antonio, M. Syafi’i. (2017). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Gema

Azam Al Hadi, Abu. (2017). Fikih Muamalah Kontemporer. Depok: Pt Bisnis.Jakarta:
Rajawali Pers.Insani.

Casvi, Fifin Zuriatul. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, DanLokasi Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Santri Di Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Mangkang Kulon, Tugu, Semarang). Skripsi. UIN Walisongo. Semarang. Diakses tanggal 25 mei 2020 Pukul 21.37 WIB.

Diana, Susanti Mei. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan
Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di Bmt Bina Umat Sejahtera Kalijambe. Skripsi. IAIN Surakarta.

Gampu. (2015). Analisis Motivasi Prepsi Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan
Nasabah Memilih Pt. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado.Jurnal Emba Vol. 3 No. 3.1330-1340.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariet Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2016). Manajemen Perbankan. Depok: Pt Rajagrafindo persada.
Kasmir. (2019). Manajemen Perbankan. Depok: Pt Rajagrafindo persada
Kompri. (2019). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren.E-book.
Diakses tanggal 27 Mei 2020. Pukul 23.12 WIB.
Mardani. (2015). Aspek hukum lembaga keuangan syariah di Indonesia. Jakarta:
PT Rajagrafindo Persada.
Nurngaeni. (2018). Pengaruh Pengetahuan Dan Persepsi Mahasiswa Tentang
Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank
Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain
Purwokerto). Skripsi. IAIN Purwokerto. Banyumas.
Rahma, Erika Adhey. (2018). Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas
Layanan Terhadap Keputusan Menabung Di Bprs Bangun Drajat Warga Yogyakarta. Skripsi. Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Diakses tanggal 5 mei 2020 Pukul 13.30 WIB.
Riskyono, Nur Ismail. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Iklan, Dan Literasi
Keuangan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Siswa Santri Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta). Skripsi. Uin Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Diakses tanggal 3 mei 2020 Pukul 21.20 WIB.
Sayyidatul, Maghfiroh. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Dan
Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses tanggal 7 mei 2020 Pukul 23.00 WIB.
Shomad, Abd.(2017). Hukum Perbankan. Bandung: Prenada Media Group.
Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.
Yogyakarta: Andi.
Tri Basuki, Agus Dan Prawoto, Nano. (2017). Analisis Regresi Dalam Ekonomi.
Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Umam, Khotibul dan utomo. (2017). Perbankan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahjono. (2013). Menajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.Yogya karta: Andi.
Zain, Abdurrahman. (2017). Pengaruh Pengetahuan Santri Tentang Perbankan
Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami). Jurnal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Diakses tanggal 3 Pukul 22.15 WIB.
Zuhirsyan, Muhammad. (2018). Membidik Potensi Ekonomi Syariah di Lembaga
Pendidikan Pondok Pesantren. Joural. Politeknik Negeri Medan. Diakses tanggal 7 Pukul 22.15 WIB.

Downloads

Published

2021-03-17

How to Cite

Nurbaiti, Supaino, & Diena Fadhilah. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PESANTREN DI BANK SYARIAH . Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 31–37. Retrieved from http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/193