Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan HPAI Kenanga Medan

Authors

  • Junissa Salma POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Diena Fadhilah Politeknik Negeri Medan
  • Supaino Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.391

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis Islam, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Halal Mart HPAI Kenanga Medan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Loyalitas Pelanggan, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Etika Bisnis Islam, Promosi dan Kualitas Pelayanan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji parsial(t) dan simultan(F) dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian dengan uji parsial (t) menunjukkan bahwa 3 variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen karena nilai thitung > ttabel untuk Etika Bisnis Islam(X1) mempunyai nilai (1.992 > 1.984) dan Promosi (X2) mempunyai nilai (2.021 > 1.984). Variabel Kualitas Pelayanan(X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel dependen karena nilai thitung  >  ttabel atau (2.511 > 1.984). Secara simultan Etika Bisnis Islam, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Halal Mart HPAI Kenanga Medan berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai Fhitung  >  Ftabel atau (2.950 > 2.70).

References

Al-Qur’an. 2009. Al-Qur’an Terjemah & Asbabunnuzul. Surakarta. Pustaka Al Hanan.

Arianto, Nurmin. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor”. Jurnal Pemasaran Kompetitif.

Djakfar, Muhammad. 2012. Etika Bisnis. Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta. Penebar Plus Imprint dari Penebar Swadaya.

Fahmi,Irham, 2014. Etika Bisnis. Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung. Alfabeta, cv.

Fauzi Rahman Abdul. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Penumpang di PT Kereta Api Indonesia (Survei pada Penumpang KA Argo Parahyangan). Skripsi.Universitas Pasundan Bandung.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasoloan, Aswand. 2018. “Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis”. Jurnal Warta Edisi:57.

Maulidya, Risma Nur. Ahmad Mulyadi Kosim dan Abrista Devi. 2019. “Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Syariah di Bogor”. Jurnal Al-Amwal Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Ratnasari, Alfina Dewi. 2017. “Pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Bisnis Online Shop di Kota Samarinda”. eJournal Administrasi Bisnis.

Sari, Maya Ria. 2019. “Manajemen Supply pada HNI-HPAI Halal Mart BC.4 di Kota Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah”. Skripsi.Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamara Karen Nona. 2018. “Pengaruh Process, Service Convenience, dan People Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Pengguna Angkutan Kota Trayek Cicaheum-Ledeng di Kota Bandung”. Skripsi.Universitas Pasundan Bandung.

Umar, Husein. 2014. “Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier”. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog) – Vol. 01 No. 02.

Yulianti Sri Lian. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Plasa Telkom Kandatel Cimahi”. Skripsi.Universitas Pasundan Bandung.

Yunus Mochamad. 2015. “Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada UKM Bandeng Tandu Kendal)”. Skripsi.Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Zahara Hafni. 2019. “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan iB Baitullah Pada PT Bank BNI Syariah KC Medan”. Skripsi.Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan.

https://hni.net/profile. Diakses tanggal 3 Juli 2020. Pukul 12.55 WIB

https://hni.net/profile. Diakses tanggal 5 Juli 2020. Pukul 14.22 WIB

https://hni.net/products/kategori/herbs-products. Diakses tanggal 5 Juli 2020. Pukul 16.21 WIB

https://hni.net/products/kategori/health-food-&-beverages. Diakses tanggal 5 Juli 2020. Pukul 16.22 WIB

https://hni.net/products/kategori/cosmetics-&-home-care. Diakses tanggal 5 Juli 2020. Pukul 16.24 WIB

https://hni.net/products/kategori/fashion-&-lifestyle. Diakses tanggal 5 Juli 2020. Pukul 16.24 WIB

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Junissa Salma, Diena Fadhilah, & Supaino. (2022). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan HPAI Kenanga Medan. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(2), 180–187. https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.391