PENGARUH PENERAPAN SIFAT SHIDDIQ, AMANAH, FATHANAH DAN TABLIGH TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ONLINE SHOP

Authors

  • ASTRID MANZANI POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Zulhendry Politeknik Negeri Medan
  • Diena Fadhilah Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh, Keberhasilan Usaha, Online Shop

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh terhadap keberhasilan usaha online shop (studi kasus persepsi pelaku usaha muslim di Kota Medan). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keberhasilan usaha online shop, sedangkan variabel independen terdiri dari sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji statistik t, uji statistik F, koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha online shop. Variabel sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha online shop (studi kasus persepsi pelaku usaha muslim di Kota Medan).

References

Al-Qur'an dan Terjemahan. (2010). Jakarta: PT Mizan Pustaka.
Antonio MS, M. S. (2010). Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW "The Super Leader Manager" Bisnis dan Kewirausahaan. Volume 2. Bogor: Tazkia Publishing.
Hermawan Kertajaya, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan Media Utama.
Kiswati, S. (2010). Study Tentang Sikap Konsumen Atas Merek Tolak Angin pada Mahasiswa FE UNDIP Semarang. Universitas Diponegoro Semarang.
Noor, H. (2013). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purkon, A. (2014). Bisnis Online Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rimiyati Hasnah, M. M. (2016). Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islami Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Pengusaha UMKM Muslim di Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, vol.7, No.2.
Sari, A. L. (2019). Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Kewirausahaan Islam Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi pada Pengusaha Muslim Kuliner di Kabupaten Purworejo) Vol 1, No 6. VOLATILITAS, vol.1, no.6.
Subagyo, P. E. (2014). Keterkaitan Antara Karakter Ideal Wirausahawan Dalam Perspektif Islam Dengan Keberhasilan Usaha : Survei Persepsi Wirausahawan UMKM Di Bogor. Fakultas Ekonomi dan Manajemen: Institut Pertanian Bogor.
Suryana. (2003). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Suryana, Y. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
https://www.liputan6.com/tekno/read/4157301/headline-marak-penipuan-online-shop-di-medsos-hati-hati-modusnya-makin-canggih, diakses pada 11 April 2020, pukul 14.39 WIB.
https://apjii.or.id/content/read/104/418/BULETIN-APJII-EDISI-40---Mei-2019, diakses pada 12 April 2020, pukul 10.44 WIB.
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/07/164100326/jumlah-pembeli-online-indonesia-capai-119-persen-dari-populasi, diakses pada 11 Mei 2020, pukul 14.05 WIB.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

ASTRID MANZANI, Zulhendry, & Diena Fadhilah. (2022). PENGARUH PENERAPAN SIFAT SHIDDIQ, AMANAH, FATHANAH DAN TABLIGH TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ONLINE SHOP. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(1), 13–23. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/362