Strategi Peningkatan Daya Saing pada UMKM Roti dan Kue di Kota Bandar Lampung

Authors

  • Reyfido Febrian Universitas Bandar Lampung
  • Defrizal Defrizal Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51510/jakp.v8i1.2221

Keywords:

Competitiveness, SMEs, SWOT, Daya saing, UMKM

Abstract

The growth of the bakery industry has increased by 7-10% per year. The high demand for practical and affordable products has faced increasingly tight competition for UMKM Bread and Cake. This study analyzes strategies for increasing competitiveness with a qualitative approach through interviews with UMKM owners and co-founders. The results of the SWOT, IFE, and EFE analyses identified product quality, innovation, and social media as key factors of competitiveness, while dependence on fluctuating raw materials and suboptimal promotion are weaknesses of UMKM. The IFE score of 3.12 and EFE 3.36 indicate that the business strategy has been able to effectively recognize and utilize available external opportunities.

 

Abstrak

Pertumbuhan industri bakery meningkat mencapai 7-10% per tahun. Tingginya permintaan produk praktis dan terjangkau menghadapkan UMKM Roti dan Kue pada tantangan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini menganalisis strategi peningkatan daya saing dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara pemilik dan co-founder UMKM. Hasil analisis SWOT, IFE, dan EFE mengidentifikasi kualitas produk, inovasi, serta media sosial sebagai faktor kunci daya saing, sementara ketergantungan pada bahan baku bersifat fluktuatif dan promosi yang belum optimal menjadi kelemahan UMKM. Skor IFE 3,12 dan EFE 3,36 menunjukkan bahwa strategi usaha telah mampu secara efektif mengenali serta memanfaatkan peluang eksternal yang tersedia.

References

Defrizal, D., & Pramudya, S. F. (2023a). Analisis SWOT dalam Meningkatkan Daya Saing pada Toko Dura di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (EMT), 7(3), 776–782. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/emt.v7i3.1268

Johnson, G., Scholes, K., & Whittington, R. (2008). Exploring Corporate Strategy: Text and Cases (8th ed.). Financial Times Prentice Hall.

Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2017). Strategi peningkatan omset UKM percetakan dengan pendekatan analisis SWOT. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Munizu, S. E., & CIPM, P. (2021). Total Quality Management dan Daya Saing Organisasi.

Novia, C., Saiful, S., & Utomo, D. (2021). Analisis SWOT peningkatan daya saing pada UKM keripik nangkadi Kabupaten Malang. TEKNOLOGI PANGAN: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 12(1), 61–69.

Nurdin, A. K., & Nasito, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing Bisnis dan Kinerja Bisnis pada PT. Trans Jogja. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(02), 216–226.

Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: CV. Rural Development Service.

Porter, Michael, E. (1993). “Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul.” PT. Gramedia, Jakarta, 4(2), 1–28.

Rangkuti, F. (2016). Teknik membedah kasus bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.

SARI, D. A., & Rosyidi, S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Saing UMKM di Kabupaten Rembang. Buletin Bisnis Dan Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.47686/bbm.v3i2.118

Sedarmayanti, H. J. (2019). Manajemen Strategi.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir, 30(1), 57–66. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i01.31

Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi.

Suhardi, S. (2018). Pengantar Majajemen Dan Aplikasinya.

Yunus, E., Christian, A. A., & OFFSET, C. V. A. (n.d.). Manajemen Strategis. Penerbit Andi.

Zed, E. Z., Rohilawati, A. M., Pane, A. A., Febrian, F. M., & Alisya, T. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Sarung Tangan di PT Bona Gloves. Kajian Ekonomi Dan Akuntansi Terapan (KEAT) , 1(3), 66–78. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/keat.v1i3.287

Downloads

Published

02/28/2025