Implementasi Akuntansi Manajemen pada Entitas Industri Minuman Kemasan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.51510/jakp.v7i1.1532Keywords:
Management Accounting, Packaged Drink Industry, Social, Economic and Environmental Impact, Akuntansi Manajemen, Industri Minuman Kemasan, Dampak Sosial, Ekonomi, dan LingkunganAbstract
At this time, management accounting practices must be embedded and running in an entity or corporate organization. Management accounting can provide actual information that influences the decision-making process by a company manager. One implementation is the management concept of entities/companies in the packaged beverage industry. The process of handling customers must continue because customers have several characteristics such as loyalty, behavior, habits and perceptions of a product. At the same time, company management must apply management ideas to the company's production activities and be able to analyze the social, economic and environmental impacts of these activities. So in this research, the production services sector that the author chose is the packaged beverage industry because since the Covid-19 pandemic, beverage producing companies have changed their way of doing business, namely through online ordering applications/package systems. This habit has not changed after the Covid-19 pandemic. People still often sell packaged drinks online. There is a change in economic behavior in society and this has a direct impact on the business model and product sales of the packaged drink producers. Based on this background, the author will conduct research on what variables will influence this business so that packaged drinks continue to be popular with the community, thereby growing economic potential and job opportunities for the community.
Abstrak
Pada saat ini, praktik akuntansi manajemen harus sudah tertanam dan berjalan di suatu entitas atau organisasi perusahaan. Akuntansi manajemen dapat memberikan informasi yang aktual sehingga mempengaruhi proses pengambilan keputusan oleh seorang manajer perusahaan. Salah satu implementasinya adalah konsep manajemen pada entitas/perusahaan di industri minuman kemasan. Proses penanganan pelanggan/customer harus terus dilakukan karena pelanggan memiliki beberapa karakteristik seperti loyalitas, perilaku, kebiasaan, dan persepsi terhadap suatu produk. Pada saat yang sama, manajemen perusahaan harus menerapkan gagasan-gagasan manajemen pada kegiatan produksi perusahaan dan bisa menganalisis dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari kegiatan tersebut. Maka pada penelitian ini, sektor jasa produksi yang penulis pilih adalah industri minuman kemasan karena sejak masa pandemi Covid-19, perusahan produsen minuman telah mengubah cara bisnisnya yaitu melalui aplikasi pemesanan/sistem paket secara online. Kebiasaan ini tidak berubah pasca pandemi Covid-19. Penjualan minuman kemasan via online masih sering dilakukan oleh masyarakat. Terjadi perubahan perilaku ekonomi di masyarakat dan ini berdampak langsung pada model bisnis dan penjualan produk dari produsen minuman kemasan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis akan melakukan riset yaitu variabel-variabel apa saja yang akan mempengaruhi bisnis ini agar minuman kemasan tetap terus digemari oleh masyarakat sehingga menumbuhkan potensi-potensi ekonomi dan peluang kerja bagi masyarakat.
References
Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics and Business UBS. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Daulay, R., Pasaribu, H. K., Putri, L. P., & Astuti, R. (2017). Manajemen. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Dewi, S. R. (2019). Akuntansi Biaya. In Akuntansi Biaya. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-6833-85-8
Giovanis, A., & Athanasopoulou, P. (2018). Understanding lovemark brands dimensions and effect on brand loyalty in high-technology products. Spanish Journal of Marketing - ESIC. https://doi.org/10.1108/SJME-07-2018-0035
Hery, Amelia Magdalena Kaheja, Calandra Alencia Haryani, & Andree E. Widjaja. (2022). Pengembangan dan Penelitian Sistem Informasi Manajemen Produksi (Mitra: PT. Maju Bersama Persada Dayamu (MBPD) Tangerang). GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat. https://doi.org/10.24002/giat.v1i1.5855
Kabupaten, D., Siti, R., Maslichan, A., Ekonomi, J. I., Alliyah, S., & Maslichan, ). (2022). PENGGUNAAN PRAKTEK AKUNTANSI MANAJEMEN (PAM) PADA UKM DI KABUPATEN REMBANG. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi.
Kurniasih, E. P. (2021). The Effect of Foreign Debt on the Economic Growth. Jurnal Ekonomi Malaysia. https://doi.org/10.17576/JEM-2021-5503-09
Lakollo, E. M. (2015). Kebijakan Harga Serta Dampaknya Terhadap Ketahanan Pangan. Http://Www.Litbang.Pertanian.Go.Id/Buku/Swasembada/BAB-III-4.Pdf.
Rahmadhani, S., Ayu Nofirda, F., & Muhammadiyah Riau, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Studi Pada Merek Apple). DeReMa(Development of Research Management): Jurnal Manajemen.
Serena Chiucchi, M. (2013). Measuring and reporting intellectual capital. Journal of Intellectual Capital. https://doi.org/10.1108/jic-03-2013-0036
Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis.
Wifky Muharam & Euis Soliha, 2017. (2017). Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lia Hartika, Indri Dithisari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.