Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Harga, Dan Perilaku Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal

Authors

  • Agrifa Herauani Universitas Palangka Raya
  • Fitria Husnatarina Universitas Palangka Raya
  • Golda Belladonna Umbing Universitas Palangka Raya
  • Sri Yuni Universitas Palangka Raya
  • Agus Kubertein Universitas Palangka Raya
  • Iwan Christian Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.51510/jakp.v6i2.1377

Keywords:

Financial Literacy, Price Perception, Financial Behavior, Interest in Investment, Literasi Keuangan, Persepsi Harga, Perilaku Keuangan, Minat Investasi

Abstract

The purpose of this study was to find out whether financial literacy, price perceptions, anda financial behavior can influence students interest in investing in the capital market. This type of research uses quantitative research. This study used a questionnaire with a total sample of 94 respondents. The analytical tools used were descriptive statistical tests, validity and reliability tests, classic assumption test and hypothesis testing using IBM SPSS 25. The research result show that financial literacy and price perceptionss have a positive and significant effect on students interest in investing in the capital market. Meanwhile, financial behavior has no effect on students interest in investing in the capital market.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah literasi keuangan, persepsi harga, dan perilaku keuangan dapat mempengaruhi minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel yaitu 94 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan literasi keuangan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Sedangkan perilaku keuangan tidak berpengaruh terhdap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal.

References

Abdilla & Husni. (2018). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Barbershop “X” Kota Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 59-68.

Adiningtyas & Hakim (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, dan Uang Saku Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah dengan Risiko Investasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 474-482.

Adiningtyas & Hakim. (2022) dalam Safitri & Hapsari (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Non FEBI UIN Sayyid Ali Ramatullah Tulung Agung Angkatan 2018. YUME: Journal of Management. 267-276.

Ajzen. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Precesses, 179-211.

Antara. (2023). Jumlah Galeri Investasi BEI di Indonesia. (https://www.antaranews.com/berita/3397116/ojk-galeri-investasi-bei-penting-guna-tingkatkan-literasi-pasar-modal)

Arif, dkk;. (2023). Minat Investasi Syariah Generasi Z: TPB, Perilaku Keuangan, dan Religiusitas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 15-29.

Bataha, dkk (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Pemediasi (Studi pada Warong Kobong di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 128-138.

Bhushan & Medury dalam Arianti, F. B. (2020). Pengaruh Pendapatan, Karir, dan Pengalaman Kerja Terhadap Literasi Keuangan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 288-302.

Darajati, R. R. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Risk Perception, Uang Saku, Social Media Influencer Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Dimasa Pandemi Covid-19. Yogyakarta.

Fletroh, M. N., & Andriani, B. S. (2021). Peran Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Untuk Meningkatkan Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal RIset dan Kajian Manajemen, 153-60.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, R. S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat investor dalam berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus: Galeri Investasi Syariah (GIS) IAIN Curup). Curup.

Hafizhah, G. D., & Kusumawati, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 819-829.

Downloads

Published

2023-08-29