PENERAPAN TEKHNOLOGI TEPAT GUNA PADA USAHA ANEKA KERIPIK

Authors

  • Rihat Sebayang
  • Eli Safrida Politeknik Negeri Medan
  • Marlya Fatira AK Politeknik Negeri Medan
  • Benar Surbakti Politeknik Negeri Medan
  • Asmalidar Politeknik Negeri Medan

Keywords:

keripik, usaha kecil, olahan pangan, pengering, camilan

Abstract

Makanan ringan sebagai produk olahan pangan khas masyarakat yang berbahan dasar kentang, umbi, serealia, tepung atau (dari unbu dan kacang) dan pisang senantiasa digemari masyarakat. Dalam proses produksinya untuk menjadikan aneka keripik, terdapat permasalahan antara lain pada kadar minyak yang terdapat pada keripik, dan kemasan yang digunakan untuk tempat keripik. Kadar minyak yang tinggi pada keripik menjadikan keripik mudah amem, berminyak tidak crunchy dan kurang tahan lama. Tulisan ini memaparkan upaya untuk mengatasai masalah dalam proses produksi aneka keripik dengan memanfaatkan tekhnologi tepat guna berupa mesin mengiris dan pengering keripik. Melalui solusi pemberian tekhnologi tepat guna berupa mesin spiner sebagai alat pentirisan produk hasil gorengan. Diharapkan melalui kegiatan pengabdian terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas hasil produksi olahan pangan aneka keripik dari usaha bapak Mawardi. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini berupa pengumpulan data dan informasi tentang calon mitra melalui survey dan wawancara kepada bapak Mawardi sebagai pemilik dan pengurus usaha maju bersama yang memproduksi produk aneka keripik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah kualitas dan kuantitas anek keripik menjadi lebih baik, mitra memahami dan dapat mempraktekkan operasional mesin serta perawatan mesin dan menerapkan tekhnologi penerisan dan pengeringan keripik sebelum keripik di kemas dalam kemasan standar sehingga keripik lebih crunchy, kering, dan tahan lama.

References

BPOM. (2012). Pedoman Informasi dan Pembacaan Standar Bahan Tambahan Pangan untuk Industri Pangan Siap Saji dan Industri Rumah Tangga Pangan. Jakarta: Direktorat Standarisasi Produk Pangan, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawas Obat dan Bahan Pangan Republik Indonesia.
BPOM, D. S. (2020). Apa perbedaan antara kerupuk dengan keripik? Jakarta: Direktorat Standardisasi Pangan Olahan.
Desiliani, H. N. (2019). Pemanfaatan Tepung Pisang Kepok dan Buah Nangka Kering dalam Pembuatan Snack Bar. Jurnal Teknologi Pangan, 1-11.
H Hapsari.H, Djuwendah. E, Sulistyowati, L, Optimalisasi Manajemen Usaha keripik Singkong Skala Industri Rumahtangga (Kasus Pada Ukm Hasil Tani Gunung Geulis Dan Kesha Snack Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Prosiding Seminar Nasional 4th UNS SME’s Summit & Awards 2015 “Sinergitas Pengembangan UMKM dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”, Semarang, 2015.

Koswara, S. (2009). Pengolahan aneka kerupuk. Ebookpangan. com.
Sulusi Prabawati, Suyanti dan Dondy A Setyabudi, Teknologi Pascapanen dan 2008,Teknik Pengolahan Buah Pisang.
Wirausaha, S. (2019). Peluang Usaha Keripik: Modal Mepet, Untungnya Dobel! Jakarta: Genpi.com.

Wasisto, S., Purnama, I. L. I., & Anggoro, P. W. (2016). Perancangan Mesin Peniris Untuk Aneka Makanan Ringan Hasil Gorengan. Proceeding SENDI_U.

Yanti, Thamrin, A. F., & Basri. (2020). Program Kemitraan Masyarakat (Pkm) Kelompok Usaha Keripik Buah Desa Bulucenrana Kecamatan Pituriawa Kabupaten Sidrap. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian kepada Masyaraka, 127-132.
Yumada, S., 2009, Strategi Pemasaran Keripik Singkong IKM Cap Kelinci Di Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang (Skripsi), Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan

https://standarpangan.pom.go.id/help-center/bantuan/frequently-asked-questions/kategori-pangan/apa-perbedaan-antara-kerupuk-dengan-keripik

https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Buku_Pedoman_PJAS_untuk_BTP.pdf
https://www.genpi.co/bisnis/24155/peluang-usaha-keripik-modal-mepet-untungnya-dobel?page=3

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Sebayang, R., Eli Safrida, Marlya Fatira AK, Surbakti, B. ., & Asmalidar. (2021). PENERAPAN TEKHNOLOGI TEPAT GUNA PADA USAHA ANEKA KERIPIK. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(1), 20–26. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/321