Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Profesi Akuntan (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Medan)

Authors

  • Lya Elfita Br Karo Politeknik Negeri Medan
  • Deliana Deliana Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/jakp.v5i2.990

Keywords:

Persepsi Mahasiswa, Prinsip Etika Profesi Akuntan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta terhadap prinsip etika profesi akuntan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan sumber data yang digunakan penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form (online) kepada responden. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi angkatan 2017 yang masih aktif di sembilan perguruan tinggi pada tahun 2021. Sampel dipilih menggunakan rumus Slovin dan diperoleh 190 mahasiswa sebagai responden yang terdiri dari 95 mahasiswa perguruan tinggi negeri dan 95 mahasiswa perguruan tinggi swasta. Teknik analisis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi mahasiswa terhadap prinsip etika profesi akuntansi berdasarkan gender dan pengalaman kerja. Namun, terdapat perbedaan signifikan persepsi mahasiswa terhadap prinsip etika profesi akuntan pada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

References

Bachtiar, I. H., & Nurfadila. (2019). Dalam Akuntansi Terdapat Akuntansi Yang Terdiri. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haskara, F., Kota Semarang”. Skripsi. Semarang Martinis, S. K. P. P. T. N., & Yamin. (2010). Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Makna Cost. Gaung Persada Press. Indonesia,.

I. A. (2020). Kode Etik Akuntan Indonesia. Salemba Empat.

Maulina, D. R. (2011). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Muatan Etika Bisnis dan Profesi dalam Kurikulum Akuntansi. Perguruan Tinggi Jember.

Mentayani, I., Rusmanto., dan M., & L. (2014). Pengaruh penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah pada kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan”. Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(7), 30–43.

Muchtar, M. (2016). Etika Profesi Dan Hukum Kesehatan Prospektif Profesi Bidan Dalam Pelayanan Kebidanan di Indonesia. Pustaka Baru Press. Mulyadi. (2002). Auditing. Edisi Keenam. Buku, 1.

Nanik, G. H. (2019). The Perception Of Accounting Student’s Towards Proffession Ethics Of Accountants By Gender In The Faculty Of Economics And Business At University Of Riau. Jom Fkip – Ur, i 2.

Nofitasari, D. (2017). Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Tingkat Materialitas dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan. Studi Empiris Kantor Akuntan Publik Kota Malang.

Novianti, R. D. (2018). Analisis Kinerja Reksa Dana Syariah Pendapatan.

Pararuk, H. S., & Gamaliel, H. (2018). Analisis Presepsi Terkait Prinsip-Prinsip Etika Profesi Akuntan (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado. ISSN, 6(4), 4093–4102.

Pengembangan Bahasa, T. P. K. P. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (E. D. P. Kebudayaan (ed.)). Balai Pustaka.

Prakoso, A. (2015). Etika Profesi Hukum, Telaah Historis, Filosofis dan Teoritis Kode Etik Notaris, Advokat. Polisi, Jaksa dan Hakim.

Reschiwati. (2021). Etika Profesi Akuntan Indonesia Ditinjau dari Persepsi Mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. In Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I. Robbins, P. S., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behaviour. Edisi, 13, Jilid. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suranta Sri, F. M. I. (2006). Persepsi Akuntan, Mahasiswa Akutansi, dan Karyawan Bagian Akutansi Dipandang dari Segi Gender terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi (Studi Di Wilayah Surakarta. SNA, 9.

Syiar, A. S. (2020). Prinsip Etika Profesi Akuntan: Persepsi Mahasiswa. Bongaya Journal for Research in Accounting, 3(mor 2), 106–114.

Wati, R. Y. (2015). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Profesi Akuntan. Studi Pada Peguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Jember.

Downloads

Published

2022-08-25