Analisis Pemicu Transfer Pricing: Beban Pajak, Mekanisme Bonus, dan Ukuran Perusahaan

Authors

  • Anggiat Situngkir Politeknik Negeri Medan
  • Eli Safrida Politeknik Negeri Medan
  • Abdul Rahman Politeknik Negeri Medan
  • Jojor Lisbet Sibarani Politeknik Negeri Medan
  • Darmawati Simanjuntak Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/jakp.v8i1.2651

Keywords:

Tax Burden, Bonus Mechanism, Company Size, Transfer Pricing, Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan

Abstract

The objective of this study is to investigate the effect of tax burden, bonus mechanism, and company size on transfer pricing in manufacturing companies in the Basic Material, Consumer Cyclical, Consumer Noncyclical, Health Care, and Industrial sectors listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2023. This research is a causality study, examining the influence of each variable using quantitative data obtained from the financial statements of manufacturing companies. The sample size for this study was 44 out of 472 manufacturing companies. The sampling method used was purposive sampling with specific sampling criteria, observing each company's financial reporting period for six years, resulting in a total of 264 observations. The data obtained in this study were analyzed using multiple linear regression analysis with the aid of SPSS statistical software. The results show that tax burden influences transfer pricing, while bonus mechanisms and company size do not.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh beban pajak, mekanisme bonus, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur di sektor Basic Materials, Consumer Cyclicals, Consumer Noncyclicals, Health Care, dan Industrial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2023. Penelitian ini adalah studi kausalitas, menguji pengaruh masing-masing variabel dengan menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur. Ukuran sampel untuk penelitian ini adalah 44 dari 472 perusahaan manufaktur. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pengambilan sampel tertentu, mengamati periode pelaporan keuangan masing-masing perusahaan selama enam tahun, sehingga menghasilkan total 264 observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban pajak memengaruhi transfer pricing sedangkan mekanisme bonus dan ukuran perusahaan tidak.

References

Agata, G., Putu Indrajaya Lembut, & Fitri Oktariani. (2021). Analisis Determinan Transfer pricing pada Perusahaan Multinasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wahana Akuntansi, 16(1), 74–93.https://doi.org/10.21009/wahana.16.015

Agustiningsih, W., Purwaningsih, E., Hermanto, Indrati, M., & Riski, G. (2022). the Effect of Tax, Bonus Mechanism, Tunneling Incentive and Foreigh Ownership on Transfer pricing Decision. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 1–14.

Alexandria, V. A., & Radianto, W. E. D. (2023). The Impact of Tax, Foreign Ownership, and Firm Size on Transfer pricing (Empirical Studies on Coal Mining Sub- Sector Companies Listed in Indonesia Stock Exchange for 2012-2021 Period). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 11, 142–148.

Arifin, A., & Saputra, A. A. (2018). Company Size , Profitability , Tax , And Good Corporate Governance On The Company ’ s Decision To Transfer pricing ( Empirical Study on Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2018 Period ). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(1), 141–150.

Baiti, N., & Suryani, S. (2020). Pengaruh Effective Tax Rate, Tunneling Incentive, Exchange Rate Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 139. https://doi.org/10.36080/jak.v9i2.1419

Barokah, A., Surianti, M., Siregar, D. A., & Jazuli, M. A. (2023). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perpajakan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.51510/jakp.v6i1.1081

Baroroh, N., Malik, S., & Jati, K. W. (2021). The role of profitability in moderating the factors affecting transfer pricing. Accounting, 7(5), 1203–1210. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.2.018

Cahyani, G., Hafizi, M. R., & Wehdawati, W. (2023). Pengaruh Beban Pajak, Bonus Plan, dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer pricing. Journal of Business and Economics Research (JBE), 4(1), 47–56. https://doi.org/10.47065/jbe.v4i1.2504

Chalimatussa’diyah, N., Diana, N., & Cholid Mawardi, D. M. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. E-Jra, 09(06), 66–81. http://riset.unisma.ac.id/

Darmawati, A., & dan Muslichah. (2022). Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan dan Tunneling Incentive. AFRE Accounting and Financial Review, 5(3), 233–239. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/afr

Fuadah, L. L., & Nazihah, A. (2019). The Effect Of Tax, Tunneling Incentive, Bonus Mechanisms, And Firm Size On Transfer pricing (Indonesian Evidence). Journal of Accounting Finance and Auditing Studies (JAFAS), 5(1), 1–17. https://doi.org/10.32602/jafas.2019.0

Gloria, & Apriwenni, P. (2020). Effective Tax Rate Dan Faktor -Faktor Yang Memengaruhi. Jurnal Akuntansi, 9(2), 17–31.

https://doi.org/10.46806/ja.v9i2.759

Hasna, R. U., & Mulyani, S. D. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Tunneling Incentive Terhadap Tindakan Transfer pricing Dengan Komite Audit Sebagai Moderating. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 2010, 1–6. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.6827

Indriaswari, N. Y., & Aprilia, R. (2018). The influence of tax, tunneling incentive, and bonus mechanisms on transfer pricing decision in manufacturing companies. The Indonesian Accounting Review, 7(1), 69.

https://doi.org/10.14414/tiar.v7i1.957

Khotimah, S. K. (2018). Pengaruh beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(12), 125–138. www.idx.co.id.

Lingga, I. S., Debbianita, D., Wijaya, I. N. A., & Saputra, C. A. R. (2022). Corporate Governance, Bonus Mechanism and Tunneling Incentives’ Influence on Transfer pricing Practices. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1356–1379.

https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2492

Lorensius, J., & Aprilyanti, rina. (2022). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus Dan Kepemilikan Asing Terhadap Keputusan Transfer pricing. Konferensi Nasional Social, 5(41), 593–605.

http://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/891

Nadiah Adilah, Dirvi Surya Abbas, Imam Hidayat, & Budi Rohmansyah. (2022). Pengaruh Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Leverage,Dan Beban Pajak Terhadap Transfer pricing. Akuntansi, 1(4), 179–201.

https://doi.org/10.55606/jurnalrisetilmuakuntansi.v1i4.120

Nafiati, D., Karina, A., & Digdowiseiso, K. (2023). The Effect Of Tax Burden, Exchange Rate And Tax Planning On Transfer pricing Decisions Transfer pricing Decision Pengaruh Beban Pajak, Exchange Rate Dan Perencanaan Pajak Terhadap Keputusan Melakukan Transfer pricing. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8662–8671.

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Napitupulu, I. H., & Situngkir, A. (2020). Pengaruh Transfer pricing dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance. Kajian Akuntansi, 21(2), 126–141.

Napitupulu, I.H., & Sibarani, P. (2024) Akuntansi Pepajakan Berbasis UU HPP, PolmedPress, Medan, Indonesia

Ningsih, T., Oktariansyah, O., Putra, P. S., & Veronica, A. (2024). Pengaruh Pajak, Ukuran Perusahaan Dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer pricing Pada Perusahaan Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(4), 826–839.

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i4.14648

Ningtyas, F., & Mutmainah, K. (2022). Determinan Tax Haven, Bonus Scheme, Tunneling Incentive Dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer pricing. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(2), 193–207. https://doi.org/10.32500/jebe.v3i2.2651

Nisa, Z., Wahidahwati, & Bambang, S. (2022). The Effect of Tax and Leverage on Transfer pricing Decisions with Institutional Ownership as Moderating. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 5, 9717–9724.

Novianti, D. R., Praptiningsih, P., & Lastiningsih, N. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Dan Capital Intensity Terhadap Effective Tax Rate (Etr). Equity, 21(2), 116–128. https://doi.org/10.34209/equ.v21i2.637

Prabaningrum, D. D., Astuti, T. P., & Harjito, Y. (2021). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perusahaan Melakukan Transfer pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018). Edunomika, 05(01), 47–61.

Purwanto, G. M., & Tumewu, J. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 14(1), 47.

https://doi.org/10.30742/equilibrium.v14i1.412

Putri, O. D., & Syofyan, E. (2023). Pengaruh Tax Avoidance, Multinationality, dan Profitability terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer pricing. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 5(2), 801–815. https://doi.org/10.24036/jea.v5i2.742

Rachman, A. N., & Romadhina, A. P. (2023). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus Dan Struktur Modal Terhadap Transfer pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 - 2021). 1.

Rafiqah Asaff, N. M. H. Y. R. M. (2022). Factor Supporting Companies Performing Transfer pricing. Jurnal Akuntansi, 26(1), 76.

https://doi.org/10.24912/ja.v26i1.818

Ramadhan, M. F., Dewi, R. C., & Liza, A. (2022). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Exchange Rate, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Tehadap Transfer pricing. Jurnal Pundi, 6(1), 165–180.

https://doi.org/10.31575/jp.v6i1.400

Refgia Thesa. (2017). Pengaruh Pajak, Meknisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, dan Tunneling Incentive terhadap Transfer pricing. JOM Fekon, 4(1), 543–555.

Sa’diah, F., & Afriyenti, M. (2021). Pengaruh Tax Avoidance, Ukuran Perusahaan, dan Dewan Komisaris Independen terhadap Kebijakan Transfer pricing. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(3), 501–516.

https://doi.org/10.24036/jea.v3i3.385

Saputra, W. S., Angela, C., & Agustin, C. (2020). Pengaruh Pajak, Exchange Rate Dan KepemilikanAsing Terhadap Transfer pricing. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(2), 109–116.

https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB

Sari, D., Hermawan, A., & Fitriana, U. (2021). Influence of Profitability, Company Size and Tunneling Incentive on Company Decisions of Transfer pricing (Empirical Studies on Listed Manufacturing Companies Indonesia Stock Exchange period 2012-2019). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 796–805.

https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.565

Sarifah, D. A., Probowulan, D., & Maharani, A. (2019). Dampak Effective Tax Rate (ETR), Tunneling Incentive (TNC), Indeks Trend Laba Bersih (ITRENDLB), dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal

Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(2), 215–228.

Sebele-Mpofu, F., Mashiri, E., & Schwartz, S. C. (2021). An exposition of transfer pricing motives, strategies and their implementation in tax avoidance by MNEs in developing countries. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1944007

Simamora, L., Muhammad, M., & Napitupulu, I. H. (2022). Pengaruh Ukuran Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Real Estat. Konferensi Nasional Sosial Dan Engineering Politeknik Negeri Medan Tahun, 3(1), 1–8.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi. In Simbiosa Rekatama Media (Vol. 1, p. 320).

Syach, W. M., Dalimunthe, A. A., & Situngkir, A. (2022). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus, dan Kepemilikan Asing terhadap Transfer pricing Perusahaan Pertambangan. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 9(02), 212–225. https://doi.org/10.35838/jrap.2022.009.02.18

Syarifah, S., Rafi, M. M., & Napitupulu, I. H. (2022). Pengaruh Transfer pricing dan Capital Intensity terhadap Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi, 32(6), 1578. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i06.p14

Tania, C., & Kurniawan, B. (2019). Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Keputusan Transfer pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 2(2), 82.https://doi.org/10.33365/tb.v2i2.329

Wahyudi, I., & Fitriah, N. (2021). Pengaruh Aset Tidak Berwujud, Ukuran Perusahaan, Kepatuhan Perpajakan, dan Leverage Terhadap Transfer pricing. Jurnal Akuntansi, 13(2), 388–401. https://doi.org/10.28932/jam.v13i2.3885

Wijaya, F. V., & Widianingsih, L. P. (2019). The Impact of Tax, Exchange Rate, Tunneling Incentive and Firm Size on Transfer pricing (Empirical Study of Manufacturing Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange for Years2014-2018). Journal of Accounting, Entrepreneurship and Financial Technology (Jaef), 1(2), 149–166. https://doi.org/10.37715/jaef.v1i2.1466

Downloads

Published

02/28/2025

Issue

Section

Table of Content