Analisis Boston Consulting Group (BCG) pada PT Bukit Asam Tbk.

Authors

  • Ricardo Saragih Politeknik Negeri Medan
  • Dede Ashadi Politeknik Negeri Medan
  • Mira Octavia Sembiring Politeknik Negeri Medan
  • Nurlinda Nurlinda Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/jakp.v6i1.1086

Keywords:

Matriks BCG (Boston Consulting Group), PT. Bukit Asam Tbk, Strategi Bisnis, Energi Batu bara, BCG (Boston Consulting Group) Matrix, Business Strategy, Coal Energy

Abstract

PT. Bukit Asam is a State-Owned Enterprise (BUMN) that contributes to state revenues, so it is necessary to conduct research to analyze the position of PT. Bukit Asam Tbk to be able to compete with coal mineral companies. The research method uses descriptive analysis by describing the collected data as it is without intending to make general conclusions. The type of data in this study is quantitative data, namely data in the form of numbers or certain definite quantities. Based on the source, the data is secondary data obtained by researchers indirectly from the object of research. Based on this research it is known that PT. Bukit Asam Tbk in 2021 is in a Star position which shows that the position of PT. Bukit Asam Tbk is in high growth and a relatively high market share.


Abstrak

PT. Bukit Asam merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkontribusi pada penerimaan negara, maka perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis posisi PT. Bukit Asam Tbk agar mampu terus bersaing dengan perusahaan mineral batu bara. Metode penelitian menggunakan analisis deksriptif dengan menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya tanpa ada maksud membuat kesimpulan secara umum. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu data yang berupa angka atau besaran tertentu yang sifatnya pasti. Berdasarkan sumbernya, data tersebut merupakan data sekunder yang didapatkan oleh peneliti secara tidak langsung dari objek penelitian. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa PT. Bukit Asam Tbk. pada tahun 2021 berada pada posisi Star atau bintang yang menunjukkan bahwa posisi PT. Bukit Asam Tbk berada pada pertumbuhan tinggi dan pangsa pasar yang relatif tinggi.

References

Pearce, John A. Robinson, Richard B. 2008. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Grifin. 2016. Manajemen. Edisi 7. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

David, Fred R. 2016. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Muhammad, Suwarsono. 2008. Matriks dan Skenario dalam Strategi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Wahyuandari, W. (2013). Analisis Matrik Boston Consulting Group (Bcg) Terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal BONOROWO, 1(1).

Riswandi, R., Prakoso, S., & Fauziah, N. (2017). Suatu Tinjauan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan BCG (Boston Consulting Group) Studi Kasus pada PT Unilever Tbk. 3(1).

Puteri, F. S., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2019). Matriks Boston Consulting Group (BCG) sebagai Dasar Perencanaan Strategi Perusahaan. Jiagabi, 8(3).

Maristia, K. (2020). Analisis Matriks BCG (Boston Consulting Group) dalam Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar pada Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus pada PT Samsung Elektronik Indonesia Tahun 2019).

Juniarni Nasution, H., Kastarina Tarigan, J., & Azmii Dalimunthe, M. (n.d.). Analisis Boston Consulting Group (BCG) pada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Saputra, A. D. W., Danial, R. D. M., & Samsudin, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Industri Makanan Ringan Menggunakan Boston Consulting Group Matrix. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.30737/jimek.v3i1.710.

https://www.ptba.co.id/berita/kontribusi-pnbp-signifikan-bukit-asam-raih-penghargaan-subroto-2022-1530.

https://www.ptba.co.id/tentang/pengembangan-bisnis#generik.

https://modi.esdm.go.id/produksi-batu bara.

Downloads

Published

2023-02-22