ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN RANTAU DESA ALUR MANIS ACEH TAMIANG MENGGUNAKAN METODE PCI

Authors

  • Anggi Dwi Saputri Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.51510/agregat.v3i2.753

Keywords:

PCI, penilaian kerusakan, kondisi jalan

Abstract

Transportasi merupakan komponen utama berfungsinya suatu kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan politik masyarakat. Dimana tingkat mobilisasi dan perekonomian serta pola kehidupan masyarakat erat kaitannya dengan ketersediaan fasilitas transportasi yang cukup. Prasarana jalan yang menerima beban dari volume lalu lintas tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadi penurunan kualitas jalan. Sebagai indicatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi struktural maupun fungsionalnya yang mengalami kerusakan.Penelitian Bertujuan untuk mengevaluasi jenis kerusakan dan menganalisa kondisi kerusakan dengan metode PCI (Pavement Condition Index). Metode PCI merupakan penilaian kondisi kerusakan dengan indeks nilainya 0 sampai dengan 100, 0 yaitu kondisi kerusakan yang sangat buruk dan 100 adalah nilai sempurna. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kondisi jalan yang terdapat pada Ruas Jalan Rantau Desa Alur Manis Aceh Tamiang yaitu terdapat jenis-jenis kerusakan berupa Rusak Tambalan, Amblas, Lubang, Butiran Lepas, Reta Memanjang, dan Terkelupas.Nilai PCI pada Ruas Jalan tersebut yaitu 25,8% termasuk kondisi buruk (poor) untuk Ruas Jalan Rantau Desa Alur Manis Aceh Tamiang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andis Nofri, 2010, kerusakan jalan, dikutip darisony sulaksona wibowo, Bandung. ASTM Internasional.

Dirjen Perhubungan Darat, 2009. Tentang Lalu Lintas Jalan.UU RI No. 22 Tahun 2009. Dapartemen Perhubungan RI.

Dirjen Bina Marga No.10/MN/B/1983. Manual Pemeliharaan Jalan.

Efendi Muhammad, M.Saleh Sofyan, Isya M, 2015. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pevement condition index ( PCI ). Universitas Syiah Kuala.

Hardiyatmo,C.H.2007. Pemeliharaan Jalan Raya :Perkerasan,Drainase, Longsoran. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Mbolian yorim, Jinca Yamin, Kasnawi Tahir,2007, Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Kebijakan Penanganan Pemeliharan Prasarana Jalan Kabupaten Banggai Kepulauan. Teknik Perencanaan Prasarana Universitas Hasanuddin.

Misbah, Edrizal, 2016. Studi Analisis Tingkat Kerusakan Dan Alternatif Perbaikan Jalan Kota Ruas Gunung Salik Kota Padang, Institut Teknologi Bandung.

Rahmatika Lu’luk, 2016. Penilaian Kondisi Perkerasan Lentur Di Kabupaten Wonosobo Dengan Menggunakan Metode Pevement Condition Index PCI. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Research Institute Industrial, 2010. ”Metodologi”,cara mencari atau memecahkan masalah penelitian.statistikian by hidayat anwar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004. Tentang Jalan.

Shahin, M.Y. 1994. Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots .USA: Chapman and Hall.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Anggi Dwi Saputri. (2023). ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN RANTAU DESA ALUR MANIS ACEH TAMIANG MENGGUNAKAN METODE PCI. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Agregat, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.51510/agregat.v3i2.753