PENERAPAN SOLAR CELL 200 WP LISTRIK PADA LISTRIK RUMAH TANGGA

Authors

  • Trinona Damanik Politeknik Negeri Medan
  • Salomo Silaban Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan, Jl. Almamater No.1, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota medan, Sumatera Utara 20155, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v4i1.992

Keywords:

Sel Surya, Solar Charge Controller, Baterai, Inverter, Lampu LED, Lampu TL.

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan energi alternatif terbarukan yang sangat dikembangkan di Negara Indonesia. Manfaat dari energi surya yaitu untuk mengkonversi energi sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) memakai suatu metode yang disebut metode fotovoltaik. Fotovoltaik yaitu metode yang digunakan panel surya yang dimana sebagai penangkap energi yang berasal dari sinar matahari. Kegunaan dari memakainya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan sumber energi listrik bagi daerah yang tidak terjangkau masuknya jaringan listrik yang bersumber dari PLN.

Era modern saat ini tentu masih ada di daerah terpencil yang tidak terjangkaunya masuk jaringan listrik yang bersumber dari PLN. Maka adanya rancang bangun dengan peralatan tugas akhir ini yaitu untuk memanfaatkan teknologi surya dengan adanya bantuan panas matahari sehingga menghasilkan energi listrik.

Prinsip kerja dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu dimana panel surya menerima sinar matahari yang menghasilkan arus listrik DC yang dialirkan ke baterai,lalu dari baterai yang menyimpan arus listrik DC tersebut. Setelah dari baterai, inverter yang menarik daya listrik sehingga baterai yang menyimpan arus listrik DC 12 Volt tersebut diubah menjadi arus listrik AC 220 Volt dan dialirkan ke beban.

References

Siregar, M.W. 2020. Rancang Bangun Listrik Kapasitas 450 WATT Dengan Solar Cell Untuk Rumah Petani Terpencil. Jurusan Teknik Mesin, Prodi Teknik Konversi Energi, Politeknik Negeri Medan.

Sri, R.S, Arianto, FX.Setyawan, Sumadi. 2019. Pemanfaatan Lampu Tenaga Surya Sebagai Lampu Penerangan Jalan Di Pekon Kiluan Negeri Kabupaten Tanggamus. Diakses 13 April 2022 dari http://dx.doi.org/10.23960/jss.V3i3:160.

Iqtimal, Z. Sara, I. Syahrizal. 2018. Aplikasi Sistem Tenaga Surya Sebagai Sumber Tenaga Listrik Pompa Air. Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala.

Junaidi, M. 2020. Analisa Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Gedung C Fakultas Teknik Universitas Islam Riau. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin, Universitas Islam Riau.

Julisman, A. Sara, I. Halid, R. 2017. Prototipe Pemanfaatan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Pada Sistem Otomasi Atap Stadion Bola, Teknik Elektro dan Komputer, Universitas Syiah Kuala.

Downloads

Published

2023-02-25