ANALISIS PEMELIHARAAN BERKALA PADA MOTOR DIESEL GENERATOR SET DAYA 90 kVA SEBAGAI ENERGI LISTRIK CADANGAN DI UPT RUMAH SAKIT KHUSUS PARU

Authors

  • Muhammad Salim Siregar Fakultas Teknik dan Komputer, Program Studi Teknik Mesin Universitas Harapan
  • Junaidi Fakultas Teknik dan Komputer, Program Studi Teknik Mesin Universitas Harapan
  • Ade Irwan Fakultas Teknik dan Komputer, Program Studi Teknik Mesin Universitas Harapan
  • Husin Ibrahim Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v3i1.700

Keywords:

Genset, Elektrikal, Pemeliharaan, Keandalan, Ketersediaan

Abstract

Berkembangnya teknologi peralatan kesehatan yang berhubungan dengan elektrikal, sangat dituntut adanya pengelolaan dan pengawasan yang baik terhadap sarana dan prasarana elektrikal di rumah sakit, dimulai dari perencaan, pemasangan, pengujian, pengoperasian, sampai pemeliharaan, sehingga listrik yang digunakan pada peralatan kesehatan tersebut aman dan efisien. Mengetahui dan mempelajari cara pemeliharaan (maintenance) genset secara berkala sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 2306 Tahun 2011 di UPT Rumah Sakit Khusus Paru. Untuk mengetahui tingkat ketersediaan operasional genset (generator set) diperlukan membuat terlebih dahulu data peralatan genset, perhitungan tingkat ketersediaan dan data operasional dan kerusakan yang didapat. Kemudian dikumpulkan jumlah spesified operating time (SOT), jumlah total kerusakan (T) dan jumlah genset tidak dioperasikan untuk keperluan pemeliharaan rutin/berjadwal, karena pemeliharaan (S) dan total waktu pemeliharaan Genset dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Dari SOT dikurang jumlah total waktu pemeliharaan, akan didapat nilai Actual Operating Time (AOT) Genset. Data SOT dan AOT diperlukan untuk menghitung tingkat ketersediaan Genset sebagai catu daya cadangan. Kemudian AOT = SOT-(S+T), jumlah kerusakan diperlukan untuk menghitung mean time between failures (MTBF). tingkat rata-rata keandalan (reliability) Genset pada tahun 2020 memiliki nilai Rata-rata 99,7%. Tingkat Keandalan termasuk kedalam kelompok jarang mengalami gangguan (≥ 95%). tingkat Ketersediaan (availibility) genset pada tahun 2020 memiliki nilai rata-rata 98,6%, tingkat ketersediaan genset termasuk kedalam kelompok jarang rusak (R≥95%).

References

Amri Muchta. (2018). Prinsip Kerja Generator Listrik Diakses Juni 2021, dari https://www.autoexpose.org/2018/02/prinsip-kerja-generator-listrik.html?m=1.
Badan Standardisasi Nasional. (2004). Sistem Pasokan Daya Listrik Darurat dan Siaga SNI 04-7018-2004
Fajar Kurniawan. (2021). Manajemen Perawatan Industri; Teknik dan Aplikasi. Graha Ilmu. Yogyakarta
Margiono Abd. (2015). Buku Melilit Generator Listrik Arus Bolak-Balik (Genset). YKT Publisher. Pontianak.
Pamungkas, D.R., Bhirawa W.T., Arianto, B. (2019). Analisis Performansi Pemeliharaan Generator Set (Genset) dengan Metode Total Productive Maintenance (TPM) Untuk Meningkatkan Kinerja di PT. Lativi Media Karya. Jurnal Teknik Industri 8, 25-30.
Permenkes. (2021). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Prasarana Instalasi Elektrikal RS.
Rusdin, Purnomo Budi Santoso, Djarot Bangun Darmadi. (2018). Rekayasa Sistem Informasi Manajemen Perawatan Mesin Perkakas di Laboratorium Proses Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Universitas Brawijaya. Jurnal Rekayasa Mesin 2, 109-118.
Sebayang M.D & Tarigan, B. M. (2013) Pengoperasian dan Perawatan Generator Set 500 KVA. Seminar Nasional Inovasi dan Rekayasa Teknologi (SNIRT) ke-II,1-12.

Downloads

Published

2022-04-05