ANALISIS SISTEM PENDINGIN BEARING TURBIN FRANCIS HORIZONTAL UNIT 1 DENGAN DAYA 6,7 MW DAN PUTARAN 750 RPM DI PLTA PAKKAT PT. ENERGI SAKTI SENTOSA

Authors

  • Adelia Febrina Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Johan Christian Siahaan PT.Energy Sakti Sentosa PLTA Pakkat
  • Sihar Siahaan Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v3i1.699

Keywords:

Bearing, heat exchanger, efektivitas, perpindahan panas

Abstract

Bearing merupakan salah satu komponen pada PLTA yang berperan dalam menjaga posisi turbine shaft tetap berada dalam satu poros (center). Dalam pemeliharan bearing turbin dilakukan sistem pendinginan pada bearing turbin yaitu pelumasan terhadap bearing dengan menggunakan oli. Pada pendinginan oli pelumas digunakan sistem pendingin jenis heat exchanger tipe shell and tube. Perhitungan besar perpindahan kalor dan efektivitas sangat diperlukan untuk mengetahui pengaruh temperatur fluida panas dan fluida dingin terhadap efektivitas sistem pendingin bearing turbin. Perhitungan terhadap besar perpindahan kalor dan efektivitas sistem pendingin bearing turbin pada PLTA Pakkat menggunakan metode perpindahan panas secara konveksi. Hasil dari analisis yang telah dilakukan maka diperoleh perpindahan kalor yang terjadi sebesar 168848,155 W dan efektivitas pada sistem pendingin bearing turbin sebesar 75,75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin kecil selisih temperatur fluida panas dan fluida dingin yang masuk ke sistem pendingin maka efektivitas suatu sistem pendingin akan lebih besar begitupun sebaliknya.

References

Bizzy, I., & Setiadi, R. (2013), Studi Perhitungan Alat Penukar Kalor Tipe Shell and Tube dengan Program Heat Transfer Research Inc (HTRI). Jurnal Rekayasa Mesin 13, 67-77.
Eliezer. (2020). Bagian yang didinginkan pada turbin. PLTA Pakkat PT Energy Sakti Sentosa. Pakkat.
Hidayat, W. (2019). Prinsip Kerja dan Komponen-Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), INA-Rxiv Papers. Bandung
Holman, J. P. (1997). Perpindahan Kalor. Erlangga, Jakarta.
Jainal A. (2020), Analisa Kinerja Alat Penukar Kalor jenis Shell and Tube pada Pendingin Oli Return Bearing. Majalah Ilmiah Teknik Mesin 20, 12-23
Limbong, P. (2020). Analisis Sistem Pendingin Bearing Turbin dengan Daya 71,5 MW dan Putaran 333 RPM di PT Indonesia Asahan Alumunium (PERSERO). Politeknik Negeri Medan.
PLTA Pakkat. (2016). Dokumen PLTA Pakkat. PT Energy Sakti Sentosa.
Putra, N. (2002). Alat Penukar Kalor. Jakarta. Universitas Indonesia.
Putra, I.N.W. (2015). Analisa Performansi Kolektor Surya Pelat Bergelombang untuk Pengering Bunga Kamboja dengan Empat Sisi Kolektor. Politeknik Negeri Bali.
Sitompul T.M. (2019). Alat Penukar Kalor. Jakarta. Erlangga.
Tio, M. (2017). Analisis Efektivitas Alat Penukar Kalor (Heat Exchanger) tipe Shell and Tube Unit 3 pada PLTA Pakkat. PT Energi Sakti Sentosa. Politeknik Negeri Medan.

Downloads

Published

2022-04-05