OPTIMASI CELAH KATUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI
DOI:
https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v6i2.2241Keywords:
Metode Taguchi, ANOVA, emisi gas buangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variasi ukuran celah katup dan kecepatan putaran mesin (RPM) terhadap emisi gas buang pada kendaraan Toyota bermesin 5K keluaran tahun 1993. Mesin ini masih banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya pada kendaraan niaga serta komunitas pecinta mobil klasik dan tua, meskipun tren teknologi mesin saat ini didominasi oleh sistem injeksi. Studi ini menggunakan pendekatan eksperimental yang memadukan metode Taguchi dan analisis varian (ANOVA). Fokus penelitian diarahkan pada faktor-faktor yang memengaruhi kadar emisi gas buang. Eksperimen dilakukan dengan menguji berbagai konfigurasi celah katup intake (0,15; 0,20; 0,25 mm) dan exhaust (0,25; 0,30; 0,35 mm), serta tiga tingkat putaran mesin (1000, 2000, dan 3000 RPM). Pengukuran dilakukan terhadap kadar CO, HC, dan CO₂ sebagai indikator utama polusi kendaraan. Perancangan percobaan dilakukan secara efisien menggunakan matriks ortogonal dari metode Taguchi, yang memungkinkan pengujian kombinasi faktor secara optimal dengan jumlah percobaan yang minimal. Sementara itu, ANOVA digunakan untuk mengevaluasi tingkat signifikansi dari setiap faktor terhadap perubahan emisi yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pengaturan celah katup dan RPM yang tepat dapat secara signifikan menurunkan emisi gas buang. Diantara kedua faktor, celah katup intake memberikan kontribusi paling besar dalam menekan emisi dibandingkan RPM. Temuan ini memberikan wawasan berharga dalam mengoptimalkan setelan mesin guna mengurangi dampak lingkungan, serta mendukung pengembangan kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi nyata dalam merumuskan strategi pengaturan mesin yang lebih bersih dan menawarkan solusi praktis bagi industri otomotif dalam upaya menurunkan tingkat emisi kendaraan.
References
Absor, U., Setiawan, T., & Ariwibowo, B. (2021). Gas Buang Mesin Isuzu Panther Tipe Hi-Grade. Journal of Vocational Education and Automotive Technology. 3(1). 109-115.
Basaran, H. U., & Ozsoysal, O. A. (2017). Effects of application of variable valve timing on the exhaust gas temperature improvement in a low-loaded diesel engine. Applied Thermal Engineering, 122, 758–767. https://doi.org/10.1016/j.applthermaleng.2017.04.098
Jafarian, K., Mobin, M., Jafari-Marandi, R., & Rabiei, E. (2018). Misfire and valve clearance faults detection in the combustion engines based on a multi-sensor vibration signal monitoring. Measurement: Journal of the International Measurement Confederation, 128, 527–536.
Jafari, M., Asadi, R., & Parvizi, R. (2019). Comparative Study of Cylinder Number on Fuel Consumption and Engine Vibration in Passenger Cars. International Journal of Automotive Engineering, 9(2), 89–96. https://doi.org/10.22068/ijae.9.2.89
Jurusan, A., Mesin, T., Semarang, N., & Widjanarko, D. (n.d.). Pengaruh Variasi Penyetelan Celah Katup Masuk Terhadap Efisiensi Volumetrik Rata-Rata Pada Motor Diesel Isuzu Panther C 223 T Sarif Sampurno.
Kurniawan, B., Raharjo, T. J., & Widodo, A. (2020). Analisis Optimasi Parameter Mesin Empat Silinder terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang. Jurnal Teknik Mesin, 12(1), 35–42.
Mahmood, F., Zahid, A., & Ali, M. (2017). A Comparative Study of Single and Multi-Cylinder Engines in Terms of Efficiency and Performance. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 6(3), 354–358.
Mohsin, I., He, K., Li, Z., Zhang, F., & Du, R. (2020). Optimization of the polishing efficiency and torque by using Taguchi Method and ANOVA in robotic polishing. Applied Sciences, 10(3), 824.
Nurhadi, M., Syaiful, S., & Haryanto, D. (2019). Pengaruh Penyetelan Celah Katup terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin. Jurnal Mesin Nusantara, 7(2), 45–52.
Rubijanto, J. P. (2018). Diversifikasi Energi dan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar di Indonesia. Jurnal Energi dan Lingkungan, 14(1), 25–31.
Roy, R. K. (2010). A Primer on the Taguchi Method (2nd ed.). Society of Manufacturing Engineers (SME).
Rojas, H., Vargas, Z., Valdez, S., Serrano, M., del Pozo, A., & Alcántara, M. (2024). Taguchi, Grey Relational Analysis, and ANOVA optimization of TIG welding parameters to maximize mechanical performance of Al-6061 T6 alloy. Journal of Manufacturing and Materials Processing, 8(6), 246. https://doi.org/10.3390/jmmp8060246
Santoso, H., Wijaya, T., & Rachmat, M. (2020). Evaluasi Efisiensi Termal Mesin Terhadap Kinerja dan Konsumsi Bahan Bakar. Jurnal Teknik Energi, 9(2), 66–74.
Van Harling, V. N., & Urbata, A. (2020). Pengaruh Variasi Penyetelan Katup Terhadap Putaran Pada Engine Stand Motor Bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 79–85.
Wahyudi, I., Humaidi, K., Mercu Buana, U., RayaMeruya Selatan Kecamatan Kembangan, J., Hasnur JlBrigjen HHasan Basri, P., & Kuala Kalimantan Selatan, B. (n.d.). Pengaruh Modifikasi Kompresi Ruang Bakar Pada Mobil Hemat Energi The Effect Of Compression Modification On Energy Saving Car.
Wibowo, A., & Handoko, D. (2020). Pengaruh Variasi Celah Katup terhadap Daya dan Konsumsi BBM Mesin Bensin 4 Langkah. Jurnal Teknik Mesin Universitas Muria Kudus, 8(1), 12–20.
Yusgiantoro, M., Prasetyo, A. R., & Lazuardi, R. (2021). Studi Evaluasi Celah Katup Terhadap Efisiensi Volumetrik dan Emisi Gas Buang. Jurnal Teknologi Mesin, 15(3), 101–109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ikhsan Wahyudi, Hadi Pranoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.