ANALISIS PERPINDAHAN PANAS BERDASARKAN DISTRIBUSI TEMPERATUR MELALUI VARIASI DIMENSI FIN ENGINE BLOCK

Authors

  • Mochammad Hildad Ajiban Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60231, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v5i2.1572

Keywords:

Fin, ketebalan, panjang, perpindahan panas

Abstract

Mesin sepeda motor berpendingin udara melepaskan panas ke atmosfer melalui mode konveksi paksa, fin adalah komponen penting untuk meningkatkan laju perpindahan panas disediakan di permukaan luar blok silinder. Laju perpindahan panas tergantung pada geometri fin, permukaan fin, ketebalan fin, panjang, kecepatan udara dan suhu sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variasi ketebalan dan panjang fin pada engine block kendaraan dengan menggunakan metode eksperimen. Variasi dimensi ketebalan fin yang digunakan adalah 1 mm; 1,5 mm; 2 mm dan variasi panjang fin adalah 16 mm; 17 mm; 18 mm. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ketebalan fin 2 mm dan panjang fin 18mm memberikan hasil pelepasan kalor yang baik pada perpindahan panas engine block yamaha mio sporty tahun 2007.

References

Fattah, F. and Wardana, D. W. (2020) “Pengaruh Air Cooler Terhadap Temperatur Mesin Pada Kawasaki Dtracker 150,” Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin, 3(1), pp. 1–6.

Hasnur, P. and Kuala, B. (2024) “Pengaruh Metode Pendinginan Mesin Sepeda Motor Suzuki Nex Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang,” Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) ROTARY, 6(1), pp. 85–98.

Meutiarani, C. I. et al. (2023) “Pengaruh Oil cooler 5 Baris Terhadap Suhu Oli Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor 4 Langkah,” JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 01(04), pp. 493–500.

Padmanabhan, S. et al. (2021) “Investigation of temperature distribution of fin profiles using analytical and CFD analysis,” Materials Today: Proceedings, 44(xxxx), pp. 3550–3556.

Prasetyo, A. and Surono, A. (2021) “Studi Eksperimental Pergerakan Temperatur Radiator Terhadap Putaran Mesin (Rpm) Dengan Kecepatan Kipas Constant,” Creative Research in Engineering, 1(1), pp. 19–23.

Rahmanto, K. (2024) “Pengaruh Pemakaian CDI Type DC Terhadap Performa Mesin Kendaraan Honda Supra 100cc,” Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(1).

Shareef, S. K. M. et al. (2021) “Design and thermal analysis of engine cylinder fin body using various fin profiles,” Materials Today: Proceedings, 47(xxxx), pp. 5776–5780.

Wijiati, L. and Kukuh, U. (2019) “Studi Eksperimen Perpindahan Panas Konveksi Paksa Pada Berkas Pin Fin Berpenampang Circular dengan Susunan Aligned,” 8(1).

Zaini, A. and Nugroho, G. (2013) “Studi Analitik dan Numerik Perpindahan Panas pada Fin Trapesium (Studi Kasus pada Finned Tube Heat Exchanger),” JURNAL TEKNIK POMITS, 2(2).

Downloads

Published

2024-09-06