Pelatihan Pembelajaran Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Multimedia bagi Guru-Guru MTs Swasta
Keywords:
Guru, Contextual Teaching Learning, Kemitraan MasyarakatAbstract
Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanankan di MTs Swasta YPP. Prof. Dr. H. Mohd. Hatta dengan tujuan umum mengatasi permasalahan mitra. Sedangkan tujuan khusus program PKM ini adalah memberikan pelatihan pembelajaran metode Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis multimedia bagi guru-guru MTs Swasta YPP. Prof. Dr. H. Mohd. Hatta. Guru-guru sebagai peserta pelatihan sebanyak 18 orang dan semuanya merupakan lulusan Sarjana S.1. dari berbagai macam disiplin ilmu, namun mereka masih lemah dalam melakukan pembelajaran aktif CTL. TIM PKM juga memberikan bantuan sebuah LCD Proyektor dan layar screen serta melatih penggunaan dan pemanfaatannya untuk proses pembelajaran aktif. Metode yang digunakan dalam program PKM ini berupa pengumpulan data tentang calon mitra melalui survey dan wawancara kepada kepala madrasah. Kemudian dari data tersebut dibuat usulan program pengabdian kepada masyarakat, dilakukan implementasi dan evaluasi program. Kegiatan dilaksanakan selama 3 bulan. Dimulai dari tahap persiapan yang berupa survey dan wawancara terhadap mitra, kemudian pelaksanaan berupa pelatihan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis multimedia bagi guru-guru dan pemanfaatan LCD Proyektor sebagai penunjang pembelajaran CTL. Ketika dilakukan evaluasi ditemukan hasil bahwa guru-guru aktif menyusun rencana pembelajaran CTL yaitu membuat program Power Point dan meletakkan video serta foto terkait dengan materi melalui hyperlink selanjutnya guru-guru telah melakukan pembelajaran aktif CTL menggunakan multi media secara bergiliran karena memang LCD Proyektor yang ada masih terbatas. Dengan demikian hasil ini menunjukkan tercapainya tujuan PKM sebagaimana yang diharapkan.
The Community Partnership Service Program (PKM) is implemented at YPP Private MTs. Prof. Dr. H. Mohd. Hatta with the general aim of overcoming partner problems. Meanwhile, the specific objective of this PKM program is to provide multimedia-based Contextual Teaching and Learning (CTL) method training for YPP Private MTs teachers. Prof. Dr. H. Mohd. Hatta. There were 18 teachers who participated in the training and all of them were Bachelor's Degree graduates. from various disciplines, but they are still weak in carrying out active CTL learning. The PKM TEAM also provided assistance with an LCD projector and projector screen as well as training on their use and utilization for the learning process. The method used in this PKM program is in the form of collecting data about potential partners through surveys and interviews with madrasah principals. Then from the data a community service program is made, implementation and program evaluation are carried out. The activity was carried out for 3 months. Starting from the preparation stage in the form of surveys and interviews with partners, then the implementation of multimedia-based Contextual Teaching and Learning (CTL) training for teachers and the use of LCD projectors to support CTL learning. When the evaluation was carried out, it was found that the teachers were active in compiling CTL learning plans, namely making Power Point programs and putting videos and photos related to the material through hyperlinks. Then the teachers had carried out active CTL learning using multi-media in turns because the existing LCD projectors were still available. limited. Thus these results indicate the achievement of PKM objectives as expected.
References
Asnawir (2018), “Media Pembelajaran”, Ciputat Press, Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional (2003), “Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Pendidikan Dasar dan Menengah”, Jakarta.
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (2018), Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII. Jakarta.
Harjanto, (2017), “Perencanaan Pengajaran”, Rineka Cipta, Jakarta
Halimah,Siti. (2008), “Strategi Pembelajaran”, Cita Pustaka, Bandung.
Koesnandar, A. (2008), “TIK Untuk Pembelajaran”, Modul Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2008, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Pramono, G. (2008), “Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran”, Modul Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2008, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Profil MTs Swasta YPP. Prof. Dr. H. Mohd. Hatta Tahun 2021