OPTIMALISASI PERAN PERPUSTAKAAN PADA MTS MIFTAHUL JANNAH KELURAHAN DAMAI KECAMATAN BINJAI UTARA

Authors

  • Dina Arfianti Siregar
  • Deliana Politeknik Negeri Medan
  • Ismi Affandi Politeknik Negeri Medan
  • Riswanto Politeknik Negeri Medan

Keywords:

perpustakaan, manajemen, minat baca

Abstract

Adapun tujuan khusus dalam program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya minat baca dari para siswa MTs  Miftahul Jannah  melalui penambahan sarana dan fasilitas perpustakaan seperti rak buku, buku-buku bacaan, kipas angin, meja panjang untuk membaca, karpet lantai, dan penataan/ layout inventaris yang ada di perpustakaan. Disamping itu juga akan diberikan pelatihan manajemen pengelolaan perpustakaan yang akan dapat meningkatkan skill/kemampuan dari segenap unsur sekolah baik guru-guru, pengelola perpustakaan maupun para siswa. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan  ini, nantinya akan terwujud kondisi yang nyaman bagi siswa untuk membaca, penataan ruangan yang rapi,dan prosedur pelaksanaan aktivitas di perpustakaan lebih teratur dan dan terorganisir dengan baik.

References

Sutarno.2006.Manajemen Perpustakaan.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rusiana, Sjahrial & Pamuntjak.2005.Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.

Yoesop, Taslimah. 1998. Pembinaan dan Pengembangan Literatur Perpustakaan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Pawit, M. Yusuf & Suhendar, Yaya. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Profil Sekolah MTs Miftahul Jannah

Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Riset Dikti buku X tahun 2016.

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Siregar, D. A., Deliana, Ismi Affandi, & Riswanto. (2021). OPTIMALISASI PERAN PERPUSTAKAAN PADA MTS MIFTAHUL JANNAH KELURAHAN DAMAI KECAMATAN BINJAI UTARA . Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/350