PENDAMPINGAN BUDIDAYA DAN PEMASARAN IKAN LELE UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT DI KELURAHAN SUKABUMI UTARA KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

-

Authors

  • Iwan Susanto POLITEKNIK NEGERI JAKARTA
  • Iis Mariam Politeknik Negeri Jakarta
  • MRR.Tyas Maheni DK Politeknik Negeri Jakarta
  • Nining Latianingsih Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

budidaya, siomay ikan lele, ekonomi masyarakat

Abstract

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta telah menetapkan roadmap untuk mencapai sasaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan yang berbasis interdisiplin dalam menentukan jenis pengabdian kepada masyarakat.  Program pengabdian kepada masyarakat berbasis Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) merupakan program yang dikompetisikan dari Kemenristek/BRIN kepada perguruan tinggi tahun 2020. Kegiatan PPTTG 2020 yang diperoleh UP2M-PNJ ini dilakukan di Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat dengan melibatkan masyarakat dalam upaya peningkatan pemberdayaan ekonomi budidaya ikan lele yang dapat dioptimalkan sebagai pendapatan utama dan tambahan masyarakat. Masalah yang muncul adalah adanya kenaikan untuk harga pakan ikan lele, mudah diserang penyakit, masalah memasarkan ikan lele serta masih terbatasnya teknologi dan keterampilan dalam pembudidayaan ikan lele tersebut.  Tujuan dari kegiatan PPTTG ini adalah pedampingan kepada masyarakat dalam mencegah terjangkitnya penyakit pada ikan lele, memasarkan hasil panen ikan lele kepada pembeli baik secara offline maupun online, dan memberikan keterampilan pengelolaan ikan lele menjadi siomay yang dapat dijual.  Hasil dari PPTTG ini adalah adanya kolam budidaya ikan lele menggunakan bahan terpal, harga jual ikan lele yang baik sehingga harga beli pakan dapat terjangkau dan menambah pendapatan masyarakat, memiliki pengetahuan pola pemasaran ikan lele dan siomay lele baik offline maupun online,  dan mampu mendeteksi gejala penyakit pada ikan lele.

References

Haag. (2010). Culture Implication of knowledge sharing, management and transfer (Identifying competitive advantage), pp. 146.
Hermans, Julie dan Annick Castiaux. (2007). Knowledge Creation Trough University-Industry Collaborative Research Projects, The Electronic Journal of Knowledge Management, Vol. 5 Issues No.1, pp: 43, www.ejkm.com
Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Khairuman, SP dan Khairul Amri. (2008). Buku pinter budidaya 15 ikan konsumsi. Jakarta: Agro Media Pustaka.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing. 14th edition. New Jersey: Prentice Hall
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14 edition. New Jersey: Pearson
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management. 4th Edititon. Harlow: Pearson Education
Sunarma, Ade. (2004). Peningkatan Produktivitas Usaha Lele Sangkuriang (Clarias sp). Jurnal Departemen Kelautan dan Perikanan. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Sukabumi. hal. 1-6
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suyanto, Rachamatun S. (2002). Budidaya Ikan Lele. Jakarta: Penebar Swadaya
http://www.barat.jakarta.go.id, Data Penduduk Dan Administrasti Pemerintahan Jakarta Barat, diakses Juli 2020

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Iwan Susanto, Mariam, I., MRR.Tyas Maheni DK, & Nining Latianingsih. (2021). PENDAMPINGAN BUDIDAYA DAN PEMASARAN IKAN LELE UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT DI KELURAHAN SUKABUMI UTARA KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT: -. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 1(2), 13–19. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Madiya/article/view/221