Memasarkan Bisnis Katering Ibu-Ibu PKK Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Aplikasi Google My Bisnis
Keywords:
Digital, Marketing, BisnisAbstract
Kegiatan ini dimulai dari adanya kebutuhan kelompok Ibu-ibu PKK Desa Karang Anyar, Kecamatan Pegajahan untuk mengembangkan kegiatan katering menjadi sebuah unit bisnis. Permasalahannya adalah selama ini kelompok ibu-ibu PKK belum melakukan kegiatan pemasaran dalam memperkenalkan produk mereka, terutama kegiatan pemasaran secara digital. Di tengah kecanggihan teknologi sekarang, maka ibu-ibu PKK harus mampu memasarkan produk mereka secara online dengan menggunakan digital marketing. Satu diantara aplikasi yang digunakan adalah Google My Bisnis atau Google BisnisKu. Melalui sosialisasi dan pelatihan strategi digital marketing dengan memanfaatkan media sosial diharapkan akan dapat memberi pengetahuan kepada kelompok Ibu-ibu PKK mengenai cara agar dapat memperluas jaringan konsumen dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Untuk mencapai hal tersebut Tim PKM Polmed memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada ibu-ibu PKK dalam hal merencanakan dan membuat bisnis, membuat materi promosi, menggunakan aplikasi Google Bisnisku dan juga memberikan bantuan untuk melengkapi peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan memasak.
This activity started with the need for a group of PKK mothers in Karang Anyar Village, Pegajahan District, to develop catering activities into a business unit. The problem is that so far, the PKK women's group has not carried out marketing activities in introducing their products, especially digital marketing activities. In the midst of today's technological sophistication, PKK women must be able to market their products online using digital marketing. One of the applications used is Google My Business or Google My Business. Through dissemination and training on digital marketing strategies by utilizing social media, it is hoped that it will be able to provide knowledge to the PKK group of women on how to expand the consumer network in marketing their products so as to increase competitive advantage. To achieve this, the PKM Polmed Team provided socialization and training to PKK mothers in planning and creating a business, creating promotional materials, using the Google My Business application, and also providing assistance in completing the equipment needed for cooking activities.
References
Afifah, L., Najamuddin, M., & Humaeira, B. (2019). Efektivitas Media Promosi Pada Produk Sandwich Goreng Merek Royal Sandwich. Agribusiness Journal, 13(1), 1-17.
Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy, 4(1), 17-22.
Septiningrum, L. D., Sadiyah, K., Hasan, J. M., Gustiasari, D. R., & Darsita, I. (2020). Pengenalan Digital marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) Majlis Taklim Al Auladiyah. Dedikasi Pkm, 1(3), 1-8.
Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.