Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Ib Subsidi Pada Bank Sumut Syariah Karya

Authors

  • Diah Kartika Putri POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Rizal Agus Politeknik Negeri Medan
  • Marlya Fatira AK Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.458

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Dimensi CARTER, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian KPR Ib Subsidi Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Karya dimana variabel independen yaitu Shariah Compliance (X1), Assurance (X2), Reliability (X3), Tangible (X4), Empathy (X5) dan Responsiveness (X6) terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang didistribusikan kepada 76 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan melakukan uji simultan (F), uji determinasi, Uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen yang diolah dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel shariah compliance secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel assurance secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel reliability secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel tangible secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel empathy secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel responsiveness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. secara simultan, kualitas pelayanan yang terdiri dari Shariah Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Empathy dan Responsiveness pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian KPR Ib Subsidi Pada PT Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Karya dengan pengaruh sebesar 83,9% sedangkan sisanya 16,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang diluar penelitian.

References

Aisyah, Muniaty. Umiyati. Riyan Apriansyah.2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavior Sebagai Variabel Moderator Pada Produk Tabungan Bni Syariah. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

Al Arif, M.N.R.2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabet Choliq, Abdul.2013. Pengantar Manajemen. Semarang: Rafi Sarana Perkasa.
https://www.banksumut.co.id/


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.2018.Manajemen Pemasaran.Jilid .Edisi ke 13.Jakarta: Erlangga.

Muchtar, Muhammad.F.,Lia Suprihartini dan Marlia Sari Dewi.2018.Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa PT Pos Indonesia(Persero) Tanjung Pinang. Jurnal. Fakultas Ekonomi.Universitas Maritim Jaya.
Rahmawati, Elly.2019. Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan, Akad, Harga Rumah, Ketersediaan Informasi Dan Pelayanan Bank Terhadap Keputusan Mengambil Kpr Syariah.Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Brawijaya.
Ramadhani, nidhar., Neneng Nurhasana dan Ratih Trenati.2015.Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap keputuan Nasabah Dalam Memilih Bank BRI Syariah Kantor Cabang Cimahi. Penelitian SPeSIA. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Bandung.
Sulistianingrum, Diah.2014. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada The Coffee Shop Jl.Ketintang No.73 Surabaya.Jurnal. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi.Unesa
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2019.Service Quality Dan Customer Satisfaction.Edisi 5.Yogyakarta.ANDI
Yogiarto, A.H.P. 2015. Pengaruh Promosi, Bagi Hasil dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Pekalongan). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Yuanna.2018. Analisis Kualitas Pelayanan Berbasis Prinsip Syariah Pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung.Skripsi.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Diah Kartika Putri, Agus, R., & Fatira AK, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Ib Subsidi Pada Bank Sumut Syariah Karya. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(2), 131–139. https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.458