Pengaruh Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Innisfree Pada Masyarakat Muslim Kecamatan Medan Patumbak

Authors

  • Adjeng Syafitri Wirabuana Politeknik Negeri Medan
  • Zulhendry Zulhendry
  • Hubbul Wathan
  • Rival Agus

Keywords:

Literasi Halal, Kualitas Produk, Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi halal, kualitas produk, dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di kota Medan. Metode  yang digunakan  adalah  kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel  sebanyak 100 responden yang dinilai secara likert, diuji validitas dan reabilitas . Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis  regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan Literasi halal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di Kecamatan Medan Patumbak. Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di di Kecamatan Medan Patumbak. Labelisasi halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di Kecamatan Medan Patumbak. Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare innisfree pada masyarakat muslim di Kecamatan Medan Patumbak.

 

This study was conducted to determine the effect of halal literacy, product quality, and halal labeling on purchasing decisions for innisfree skincare in Muslim communities in the city of Medan. The method used is quantitative. The data collection technique used a questionnaire with a sample of 100 respondents who were assessed by Likert, tested for validity and reliability. The analysis used in this study was multiple linear regression analysis with the help of SPSS 25. The results showed that halal literacy had a negative and significant effect on purchasing decisions for innisfree skincare in Muslim communities in Medan Patumbak District. Product quality has no significant effect on purchasing decisions for innisfree skincare for Muslim communities in Medan Patumbak District. Halal labeling partially has a positive and significant effect on purchasing decisions for innisfree skincare for Muslim communities in Medan Patumbak District. Halal Literacy, Product Quality, and Halal Labeling simultaneously have a significant effect on purchasing decisions for Innisfree skincare in Muslim communities in Medan Patumbak District.

References

Alfian, Ian, and Muslim Marpaung. 2017. “Analisis Pengaruh Label Halal, Merk Dan Harga Terhadap Keputusan Di Kota Medan.” At-Tawassuth 2(1):122–45.

Astuti, Miguna, and Nurhafifah Matondang. 2020. Manajemen Pemasaran: UMKM DAN DIGITAL SOSIAL MEDIA. edited by R. Henny. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Barus, Ngalemisa, Monika Pangaribuan, and Sari Purnama. 2021. “Pengaruh Promosi Menggunanakan Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms. Glow Pada Mahasiswa Di Kota Medan.” Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2:616–26.

Bayu, Dendy Khresna, Gumoyo Mumpuni Ningsih, and Livia Windiana. 2020. “Pengaruh Labelisasi Halal, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Chatime.” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 16(3):239–56.

digimind.id. 2020. “Data Produk Kecantikan Terlaris Di E-Commerce.” Retrieved (https://digimind.id/data-produk-kecantikan-terlaris-di-e-commerce/).

Elkasysyaf, Estu, and Neneng Hartati. 2021. “Pengaruh Literasi Produk Halal Dan Daya Tarik Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Bandung.” Journal of Islamic Economics and Business 1.

innisfree.com. 2020. “Tentang Innisfree.” Retrieved (https://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_history).

Kafid, Nur, M. Zaina. Anwar, and M. End. Saputro. 2021. Buku Saku Halal. edited by M. L. Rahmatullah. Sulur Pustaka Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI Pusat.

Lia, Ade, Hilman Hakiem, and Ibdalsyah. 2022. “Pengaruh Persepsi Konsumen , Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12.” Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam 5(2):263–73.

Mulyati. 2019. “Pengaruh Tingkat Literasi Halal Dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor” (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).” UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Pardede, Ratlan. 2017. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen.” Journal Of Business & Applied Management 10(1).

Prabandari, Ayu. 2021. “Skincare Adalah Perawatan Untuk Kulit Agar Tetap Sehat, Ketahui Langkahnya.” Www.Merdeka.Com. Retrieved (https://www.merdeka.com/jateng/skincare-adalah-perawatan-untuk-kulit-agar-tetap-sehat-ketahui-langkahnya-kln.html).

Pratama, Dinar Bagja, Manajemen Keuangan Syariah, Neneng Hartati, and Manajemen Keuangan Syariah. 2020. “Pengaruh Literasi Halal Dan Religiositas Terhadap Konsumsi Produk Halal Pada Mahasiswa MKS UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Finansha- Journal of Sharia Financial Management 1(2):1–12.

Primastya, Maghita. 2019. “Skincare (Perawatan Kulit).” Www.Tribunnewswiki.Com. Retrieved (https://www.tribunnewswiki.com/amp/2019/09/25/skincare-perawatan-kulit).

Rismananda, Dita, Muhammad Zuhirsyan, and Marlya Fatira. 2021. “Keputusan Pembelian Generasi Milenial Terhadap Kosmetik Berlabel Halal.” Polimedia 24:1–12.

Ristanti, Annisa, and Sri Setyo Iriani. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic Di Surabaya.” Jurnal Ilmu Manajemen 8(3):1026. doi: 10.26740/jim.v8n3.p1026-1037.

Salehudin, Imam. 2013. “Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation.” ASEAN Marketing Journal 2(1). doi: 10.21002/amj.v2i1.1987.

Setyani, Aulia Hillar, and Muhammad Zakky Azhari. 2021. “Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan.” IKRA-ITH Ekonomika 4(58):67–74.

Setyowati, Anis, and Moch Khoirul Anwar. 2022. “Pengaruh Literasi Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten MADIUN.” Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1):108–24. doi: 10.35316/lisanalhal.

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Edisi Kedu. edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta,CV.

sumut.bps.go.id. 2021. “Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota Dan Agama Yang Dianut, 2021.” Retrieved (https://sumut.bps.go.id/statictable/2021/04/21/2289/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-dan-agama-yang-dianut-2020.html).

today.line.me. 2020. “Beautyou: Alasan Mengapa Skincare Korea Sangat Populer.” Retrieved (https://today.line.me/id/v2/article/g8zY9m).

Ummat, Rohmatul, and Kristina Anindita Hayuningtas. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic.” 4(6):2279–91.

Wardani, Ema Sukma, and Awan Santosa. 2020. “Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Ptoduk Republik Natur DI Yogyakarta.” E-Jurnal Apresiasi Ekonomi 8:203–11.

www.kompas.com. 2021. “Mengapa Kosmetik Korea Laku Di Indonesia?” Retrieved (https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2021/08/23/145025220/mengapa-kosmetik-korea-laku-di-indonesia).

Yuniartha, Lidya. 2021. “Skincare Diproyeksi Akan Mendominasi Produk Kecantikan Di 2022.” Industri.Kontan.Co.Id. Retrieved (https://industri.kontan.co.id/news/skincare-diproyeksi-akan-mendominasi-produk-kecantikan-di-2022-1).

Zakiyah, Afaf, Naflah Rifqi, and Rohmatul Azizah Zaituni. 2022. “Fenomena Pergeseran Nilai-Nilai Religius Mahasiswa PAI UIN Malang Akibat Korean Wave ( K-Pop Dan K-Drama).” 1(1):18–41.

Zulham. 2018. Peran Negara Dalam Perlindungan Konsumen Muslim Terhadap Produk Halal. Edisi Pert. Jakarta Timur: Kencana.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Syafitri Wirabuana, A., Zulhendry, Z., Wathan, H. ., & Agus, R. . (2022). Pengaruh Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Innisfree Pada Masyarakat Muslim Kecamatan Medan Patumbak : . Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 3(2), 110–119. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/1000