PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDIHOME PADA WITEL MEDAN

Authors

  • Nopi Nurlaila Politeknik Negeri Medan
  • Winda Nadya Nainggolan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/jakp.v4i1.228

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini tentang Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk IndiHome Pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Telkom Medan yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk IndiHome pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Telkom Medan. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image secara parsial berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Brand Image dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Telkom Medan.

References

Abidin, Khairul, dan Mukran Roni. 2017. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Beat (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Motor Matic Honda Beat Mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang). Palembang : Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Vol.3, No. 3 : 367-374.

Antara Sumut. 2019. 85 Persen Pelanggan Telkom di Medan Sudah Terjangkau Fiber Optik. https://sumut.antaranews.com/berita/239756/85-persen-pelanggan-telkom-di-medan-sudah-terjangkau-fiber-optik , Diakses pada 10 Mei 2020 21.15

Arianty, Nel, Hanifah Jasin, Perys L. Khodri Nst, dan Irma Christiana. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan : Perdana Publishing.

Darwis, Edy Gufran. 2017. Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT Hadzi Kalla Cabang Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar.

Daulay, Nurjannah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ayam Penyet Surabaya Jl. Dr. Mansyur Medan). Skripsi. Medan.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 22. Cetakan Kedelapan. BP Undip. Semarang.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kumala, Octaviantika Benazir. 2012. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan pembelian Konsumen pada Tune Hotels Kuta Bali. Skripsi. Jakarta.

Media Konsumen 2019, Kecepatan Telkom IndiHome tidak Sesuai dengan Paket. https://mediakonsumen.com/2019/12/12/surat-pembaca/kecepatan-internet-telkom-indihome-tidak-sesuai-dengan-paket , Diakses pada 13 Agustus 2020 01.02

Nugraheni, Merlita. 2016. Analisis Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta.

Seftiana, Shinta. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sabun Mandi Cair Merek Dettol di Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung.

Senly, Alvian. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Colt Diesel Pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone. Skripsi. Makassar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriyadi,Yuntawati Fristin, dan Ginanjar Indra. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Conversedi Fisip Universitas Merdeka Malang). Malang : Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.3, No.1 : 135-144.

Telkom Indonesia 2020. Tentang Telkom Group. https://www.telkom.co.id/sites , Diakses pada 13 Agustus 2020 00.28

Utari, Dwi Dian. 2016. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian IndiHome pada PT.Telkom Langsa. Skripsi. Medan.

Downloads

Published

2021-02-23