ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PERSISTENSI LABA

  • Andrew Leonar Tambunan Politeknik Negeri Medan
Keywords: Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan dan Persistensi Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial leverage, ukuran perusahaan dan struktur kepemilikan terhadap persistensi laba. Variabel financial leverage, ukuran perusahaan dan struktur kepemilikan sebagai variabel independen dan persistensi laba sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018 sejumlah 47 perusahaan. Sebanyak 12 perusahaan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba. Sementara struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap persistensi laba.

References

Barus, A.C, dan Rica,Vera.2014.Analisis Faktor-Faktor Yang MempengaruhiPersistensi Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.JurnalWira Ekonomi Mikroskil Vol. 4, No. 02.
Fanani, Zaenal. 2010.Analisis faktor-faktor penentu persistensi laba. Jumal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 7 - No. 1 (Juni).
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Meythi, 2006. Pengaruh Arus Kas Operasi terhadap Harga Saham denganPersistensi Laba Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.
Scott,William R.2000.Financial Accounting Theory.USA:Prentice-Hall.
Suwandika, I. M. A, Astika, I. B. P. (2013). Pengaruh perbedaan laba akuntansi, laba fiskal, tingkat hutang pada persistensi laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Suwito, Edy dan Arleen Herawaty. 2005. ”Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba yang dilakukan oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo. 15-16 September.
Tandiontong, Mathius. 2016. Kualitas Audit Dan Pengukurannya.Alfabeta, Bandung.
[online] www.google.com
[online] www.sahamok.com
[online] www.idx.co.id
Published
2021-02-23