ANALISIS PENGARUH MASSA JENIS BUMBU MASAKAN PADA ALAT PENAKAR BUMBU DAPUR OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Monique Christie Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Fathimah Az-Zahra Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Jose Fernando Butar-Butar Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Mezack Hizkia Silaban Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Rio Hanson Manalu Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • Suprapto Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan
  • A. Aziz Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v3i2.745

Keywords:

Arduino AT Mega 2560, Bumbu, Penakar, Massa Jenis

Abstract

Bumbu masakan merupakan bahan alami yang digunakan sebagai penyedap masakan. Konsentrasi racikan bumbu pada masakan akan mempengaruhi cita rasa dan diperlukan alat yang mampu melakukan standardisasi keluaran bumbu untuk digunakan pada beragam jenis masakan. Alat penakar bumbu dapur otomatis dirancang dengan berbasis Arduino Mega 2560 untuk mampu melakukan standardisasi keluaran bumbu. Arduino dipilih karena dapat beroperasi otomatis dan memiliki waktu yang efektif. Untuk mendapatkan keluaran bumbu yang konstan, load cell akan menakar bumbu yang telah terjatuh dari wadah bumbu dan memprosesnya ke Arduino. Jika berat sudah sesuai dengan pengaturan input, katup akan menutup agar bumbu tidak terjatuh kembali ke dalam wadah. Akurasi keluaran bumbu akan dipengaruhi oleh keragaman tekstur bumbu yang kasar, semi halus, serta halus. Hasil keluaran bumbu sangat berpengaruh terhadap massa jenis bumbu. Semakin tinggi massa jenis maka semakin besar juga pengaruh terhadap massa tiap volume bumbu. Alat penakar bumbu dapur otomatis memiliki keluaran bumbu berkisar 3% sampai dengan 20%, atau rata-rata sekitar 10 gram.

References

Benny, B., Susijanto Tri Rasmana, S., & Triwidyastuti, Y. (2018) Rancang Bangun Sistem Pemilah Paket Barang Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). JCONES-Journal of Control and Network Systems 7, 1-10.

Dyah Pramesthi, Isyana Ardyati & Agus Slamet. (2020). Potensi Tumbuhan Rempah dan Bumbu yang Digunakan dalam Masakan Lokal Buton sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6, 225 – 232.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Diakses pada 25 September 2021 dari https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/mari-mengenal-bumbu-nusantara/

Listiana R., & Nurmuldiyanto, D.S. (2020). Rancang Bangun Alat Penakar Material dengan Mikrokontroler Berbasis Android, Jurnal TEDC 14, 82-87.

Nugroho, A.M.S., Hidayat, R., & Stefanie, A. (2021). Implementasi Stepper 28BYJ-48 dan Servo MG996R sebagai Robot Lengan Pemanggang pada Alat Pemanggang Sate Otomatis Berbasis Arduino UNO. ELECTRICIAN – Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro 15, 96-99.

Nusyirwan, D., & Putra, R.T. (2020). Proses Desain Rekayasa Pada Perancangan Purwarupa Loper Id (Locker Penyimpanan Berbasis RFID) Dalam Menunjang Sistem Keamanan Perpustakaan. Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis 3, 1-12.

Sagita, S.M., Khotijah, S., & Amalia, R. (2013). Pengkonversian Data Analog Menjadi Data Digital Dan Data Digital Menjadi Data Analog Menggunakan Interface PPI 8255 Dengan Bahasa Pemrograman Borland Delphi 5.0. Faktor Exacta 6, 168-179.

Zainuri, A., Alvian, R. Sulistiyanto, N.(2014). Prototipe Penimbang Gula Otomatis Menggunakan Sensor Berat Berbasis ATMEGA16, TEUB, 2, 1-6.

Downloads

Published

2022-08-15