Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang di Submit dalam format Microsoft Office (.doc / .docx)
  • Artikel yang di submit sudah di tulis sesuai panduan TEMPLATE
  • Artikel yang di Submit sudah bebas dari PLAGIARISME dan pelanggaran Hak Cipta lainnya
  • Artikel yang di Submit belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau sedang dalam proses REVIEW jurnal lain atau sudah di Submit ke jurnal lain.
  • Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan di Template Jurnal

Author Guidelines

PEDOMAN PENULIS

SINERGI POLMED: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin

Penulis harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus disajikan secara akurat di artikel. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis tidak dapat diterima. Artikel publikasi profesional juga harus akurat dan objektif, dan karya 'opini' editorial harus diidentifikasi dengan jelas.

Bagian dari proses pengiriman, penulis diharuskan untuk memeriksa kepatuhan pengiriman dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

1. Petunjuk umum:

SINERGI POLMED menerima naskah hasil penelitian ilmiah atau simulasi atau review di bidang Teknik Mesin. Naskah harus asli, bukan terjemahan atau adaptasi jurnal lain, tidak diterbitkan atau belum diproses untuk publikasi oleh jurnal lain.

2. Penulisan naskah:

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan baik dan benar. Naskah diketik dalam satu spasi dengan MS-Word (file DOC, atau DOCX), huruf Times New Roman 9 pt pada halaman kertas A4 dalam satu kolom.

Penulis harus memastikan bahwa penulis telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, ini harus dikutip atau dikutip dengan tepat. Plagiarisme memiliki banyak bentuk, mulai dari 'menyerahkan' makalah orang lain sebagai makalah penulis sendiri hingga menyalin atau memparafrasakan bagian penting makalah orang lain (tanpa atribusi), hingga mengklaim hasil dari penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Seorang penulis pada umumnya tidak boleh menerbitkan manuskrip yang mendeskripsikan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Secara umum, seorang penulis tidak boleh mengajukan untuk pertimbangan di jurnal lain makalah yang diterbitkan sebelumnya. Kami mempertimbangkan untuk publikasi dari makalah konferensi jika itu hanya versi panjang dari makalah konferensi dengan setidaknya 40% materi baru.

3. Judul Halaman:

Judul yang ditulis pendek dan padat, tidak menimbulkan variasi yang beragam, dan sesuai dengan isi artikel. Judul ditulis dengan huruf Times New Roman 16pt tebal, rata kiri dengan spasi 1 dan maksimal 20 kata dan hanya huruf pertama yang ditulis kapital.

4. Sistematika penulisan:

Judul, nama penulis tanpa gelar akademik, afiliasi dengan alamat lengkap. Abstrak maksimal 250 kata ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dan dicetak miring, kata kunci 3-5 kata. Pengantar yang memuat latar belakang, tujuan dan tinjauan penelitian atau tinjauan pustaka sebelumnya; Metode penelitian yang dapat memuat skema alat atau spesimen penelitian dan prinsip kerja alat uji, alat dan bahan penelitian, lama penelitian, tempat penelitian, variabel yang diteliti, kondisi percobaan; Hasil dan Diskusi; Kesimpulan; Bibliografi; Pengakuan; Daftar notasi; Lampiran jika ada. Sistem SI ("Satuan Internasional") untuk pengukuran dan satuan. Naskah diserahkan secara online melalui http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Sinergi. Panjang naskah diharapkan tidak melebihi 20 halaman tercetak (spasi tunggal) termasuk abstrak, gambar, tabel, dan referensi. Abstrak antara 150 dan 250 kata yang menjelaskan pentingnya manuskrip harus disertakan. Penulis harus menyediakan 3-5 kata kunci atau frase yang menjadi ciri naskah.

5. Nama penulis:

  1. Ditulis di bawah judul makalah tanpa gelar akademik dengan huruf (Times New Roman 12pt) tebal.
  2. Afiliasi ditulis secara lengkap untuk semua penulis jika afiliasi masing-masing penulis berbeda.
  3. Tandai penulis yang mewakili korespondensi dan tulis alamat emailnya.

6. Teknik Penulisan:

  1. Kata asing ditulis miring jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Ini tidak berlaku untuk manuskrip yang ditulis dalam bahasa Inggris.
  2. Paragraf baru dimulai dengan jarak 1 cm (1 tab atau Baris pertama 1 cm) dari margin kiri. Antar paragraf tidak diberi spasi.
  3. Semua angka ditulis dengan angka kecuali di awal kalimat.
  4. Naskah ditulis dengan ukuran kertas A4 dalam 1 kolom. Margin sesuaikan dengan templet.
  5. Gambar harus diberi judul dan nomor urut 1, 2, 3 dan seterusnya diletakkan di bawah gambar pada posisi tengah, jika captionnya panjang maka biarkan menggunakan format rata tengah.
  6. Tabel hanya diberi garis horizontal sederhana, hanya untuk buka tutup dan header tabel, tidak perlu garis vertikal atau variasi berbagai bentuk seperti bayangan, tebal, miring dll. Tabel diberi nomor (1, 2, 3 dan seterusnya) dan nama tabel ditulis di atas bagian tengah tabel, jika judul tabel panjang, lebih dari satu baris, maka gunakan format rata tengah.
  7. Judul ditulis dengan huruf besar dan dengan penomoran arab (Times New Roman 11 pt, tebal). Sub-heading dengan nomor seperti 1.1, 1.2 dan seterusnya jika di bawah Heading 1. Sub-judul menempati urutan 1 (tebal) dan hanya teks awal yang ditulis dengan huruf besar (dibuat italic font times new roman 9 pt, tebal).
  8. Referensi pustaka ditunjukkan dengan nama pengarang dan tahun penulisan di akhir kalimat, lihat contoh: Liu dkk. (1998), atau (Carey, 1998) atau Jony dan Tony (2018). Bibliografi / referensi dicantumkan dalam urutan abjad (lihat template artikel)

7. Referensi Penulisan:

Referensi harus sesuai abjad, termasuk inisial penulis, judul makalah, tanggal, nomor halaman, dan nama lembaga sponsor. Harap kumpulkan referensi seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.

Prasad, S., Singh, A., Jain, N., & Joshi, H. (2007). Ethanol production from sweet sorghum syrup for utilization as automotive fuel in India. Energ Fuels 21, 2415-2420.

Raja, A.S., Arasu, A.V., & Sornakumar, T. (2015). Effect Of Gasoline-Ethanol Blends On Performance And Emission Characteristics Of A Single Cylinder Air Cooled Motor Bike Si Engine. Journal of Engineering Science and Technology 10, 3.

Sebayang, A. H., Hassan, M. H. Ong, H. C., Dharma, S., Bahar, A. H., Silitonga, A. S., & Kusumo, F. (2017). Enzymatic hydrolysis using ultrasound for bioethanol production from durian (Durio zibethinus) seeds as potential biofuel. Chemical Engineering Transactions, 56, 553–558.

Penulisan dari Web,

EIA. (2019a). Biofuels explained, Ethanol and the environment. U.S. Energy Information Administration. Diakses Maret, 2020, dari https://www.eia.gov/energyexplained/biofuels/ethanol-and-the-environment.php.

Statista. (2020b). Statistics. Diakses Maret, 2020 dari https://www.statista.com/statistics/262858/change-in-opec-crude-oil-prices-since-1960/

Penulisan dari Buku,

Prayogo, H. (2017). Cerdas Membaca. Jakarta. PT Gravindo Pratama.

Catatan: Hanya pustaka yang diacu saja yang ditulis pada daftar pustaka!!!!. Minimal daftar pustaka 5 dan 80% nya harus terbaru atau 5 tahun terakhir. Judul jurnal atau buku gunakan huruf besar untuk setiap kata.

8. PEMBERITAHUAN HAK CIPTA

Diasumsikan bahwa makalah yang diserahkan belum diterbitkan dan tidak diserahkan atau diterbitkan secara bersamaan di tempat lain.

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Sementara mereka yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis terkait harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak pantas dimasukkan ke dalam makalah dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah dan telah menyetujui penyerahannya untuk dipublikasikan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal. publikasi di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.

9. KESALAHAN DALAM KARYA YANG DITERBITKAN

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk mencabut atau memperbaiki makalah tersebut. Jika editor atau penerbit mengetahui dari pihak ketiga bahwa sebuah karya yang diterbitkan mengandung kesalahan yang signifikan, maka merupakan kewajiban penulis untuk segera mencabut atau mengoreksi makalah atau memberikan bukti.

10. PENYANGGAHAN

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel yang dimuat di Sinergi Polmed: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin adalah dari penulis dan tidak serta merta mewakili pendapat dari Departemen Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan. Sinergi Polmed: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin tidak menjamin kesesuaian untuk tujuan apa pun dengan metode, produk, proses, atau perangkat apa pun yang dijelaskan atau diidentifikasi dalam sebuah artikel. Nama dagang, jika digunakan, hanya untuk identifikasi dan bukan merupakan pengesahan oleh Sinergi Polmed: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin.

11. BIAYA PENULIS

Jurnal ini membebaskan biaya.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat e-mail yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.