PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN PRODUK MAKANAN RINGAN UMKM DI KOTA DUMAI

  • Sri Wahyuni Fakultas Agama Islam UIR
  • Daharmi Astuti Universitas Islam Riau
  • Boy Syamsul Bakhri Universitas Islam Riau
Keywords: Label Halal, UMKM, Makanan, Camilan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya produk makanan ringan UMKM yang beredar dipasaran masih ada yang tidak mencantumkan label halal pada kemasan produk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah label halal berpengaruh terhadap peningkatan omset  penjualan  produk makanan ringan UMKM Kota Dumai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap peningkatan omset  penjualan produk makanan ringan UMKM Kota Dumai. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang jenis penelitiannya kausalitas. Sumber data   yang digunakan data primer dan data sekunder. Populasi yang dijadikan dalam penelitian ini adalah seluruh penjual makanan ringan UMKM Kota Dumai sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, dokumentasi. Dalam menganalisis data kuantitatif digunakan analisis regresi sederhana dimana proses perhitungannya mengunakan SPSS for Windows versi 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara label halal terhadap peningkatan omset termasuk dalam kategori “sangat kuat” diketahui dari koefisien korelasi adalah sebesar 0,869 atau 86,9% hasil tes parsial ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh label halal terhadap peningkatan omset diketahui dari eratnya tingkat signifikansi sebesar 12,145, kemudian terdapat kontribusi dalam label halal terhadap peningkatan omset adalah sebesar 75,4% dan sisanya 24,6% dipengaruhi oleh faktor lain tidak termasuk dalam penelitian ini. Secara umum disimpulkan bahwa pengaruh label halal terhadap peningkatan omset penjualan adalah berpengaruh sangat signifikan.

References

Abdullah, Thamrin. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Alfani, Mufti Hasan, Analisis Pengaruh Quality of Work (QWL) Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Karyawan PT.Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru, Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, Vol 1 No 1, p.2
Bulan, Lindung, Putri, Tengku. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang, Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 05, p.430-439
Chaniago, A, Arifinal. (1998). Ekonomi 2, Angkasa, Bandung.
Forsyth, Patrick. (1990). Manajemen Penjualan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Maryati T, Dkk. (2016). Analisis Faktor Kendala Dalam Pengajuan Sertifikasi Halal, Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, Vol 04 No 3 Hal 364-365
Swastha, Basu. (1988). Pengantar Bisnis Modern, Liberty, Yogyakarta.
Published
2021-03-17
How to Cite
Sri Wahyuni, AstutiD., & BakhriB. S. (2021). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN PRODUK MAKANAN RINGAN UMKM DI KOTA DUMAI . Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 43-47. https://doi.org/10.51510/bilal.v1i2.205