PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEEPAYLATER

  • Fany Fadhila Politeknik Negeri Medan
  • Azhar Politeknik Negeri Medan
  • Muslim Marpaung Politeknik Negeri Medan
Keywords: Religiusitas, Pengetahuan Produk, Faktor Sosial, Keputusan Pengguna

Abstract

This research aim to explain the influence of religiosity, product knowledge and social factor on decision the user of shopeepaylater. The types of data is qualitative data, which is quantitative using a Likert scale. Data collection techniques through questionnaires distributed to 49 respondents. The analysis used in this research is multiple linear regression analysis, make a classic assumption experiment, correlation coefficient, determination test, statistical t-test and statistical F-test. The result showed that product knowledge and social factor partially have a positive, strong and significant effect on decision the user of shopeepaylater, while religiosity partially has a positive, strong and not significant effect on decision the user of shopeepaylater. The variable of religiosity, product knowledge and social factor simultaneously very strong, positive and significant on the decision of shopeepaylater with and effect of 85% and the rest 15% is influenced by the other variables outside of this research. Muslim people who use shopeepaylater are the majority of women with 18-24 years old, latest education is high school, employment status is students with an allowance of 1-3 million and monthly consumption is less than one million.

References

Al-Qur’an dan Terjemahan. 2020. https://quran.kemenag.go.id/, diakses tanggal 28 Juli 2020.

Ancok, D., dan Fuad, N. S. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

APJII. Laporan Survei Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. http://apjii.or.id, diunduh pada tanggal 05 Mei 2020.

Asosiasi Digital Marketing. 2020. 10 Kategori Produk Terlaris Shopee. https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee/, diakses pada tanggal 21 Juni 2020, pukul 00.37 wib.

Astuti, N. P. dan Nurlaley, R. 2017. Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Penggunaan Kartu Kredit Syariah Di Makassar. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya.

Bahari, A. F., dan Muhammad. A. 2018. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS). Vol. 5. (1), hal. 69-78.

Febriani, N. S. dan Wayan, W. A. D. 2019. Perilaku Konsumen Di Era Digital. Malang: UB Press.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Jr. J. F., William C. B., Barry J. B., Rolph E. A. 2010. Multivariate Data Analysis. Pearson Prentice Hall: All right reserved.

Hidayatullah, M. dan Meri, I. H. 2015. Peran Pembiayaan Produktif BMT Mandiri Mulia Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Anggota Perspektif Maqashid Syariah. JESTT. Vol. (10). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, hal. 797-811.

Iskandar. 2019. Hati-hati, Ini 5 Resiko Menggunakan Aplikasi Pay Later. https://m.liputan6.com/tekno/read/4073236/hati-hati-ini-5-risiko-menggunakan-aplikasi-pay-later, diakses pada tanggal 01 Juni 2020, pukul 20.12 wib.

Ismail. 2018. Minat Masyarakat Kota Banda Aceh Terhadap Kartu Kredit Bank. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi. Vol. 2. (2), hal. 55-109.

Ismail, S., Hanudin, A., Siti, F. S., Nurhaslinda, H. 2014. Determinants of Attitude towards Credit Card Usage. Jurnal Pengurusan. 41, hal. 145-154.

Juliandi, A., Irfan., dan Saprinal, M. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kurniasari, F., dan Eko, A. P. E. 2018. Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih TekFin Pinjaman di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 13. (2), hal. 167-184.

Monica, M. A. 2020. Analisis Hukum Islam Terhadap Pinjaman Uang Elektronik Shopeepaylater Pada E-Commerce. Fakultas Syariah dan Hukum, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Mukminin, A., Rizal, R., dan Hery, W. (2019). Penerapan Model Utaut Untuk Pelaku Pengguna “Paylater” di Dalam Traveloka. Jurnal Computech & Bisnis. Vol. 13. (2), hal. 81-90.

Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi.

Qasas, Ahsan. 2019. Pengaruh Pengetahuan, Gaya Hidup, Pertimbangan Halal-Haram, Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Menggunakan Kartu Kredit Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bni Syariah Cabang Yogyakarta). Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Keuangan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Rachmawati, A. dan Gusti, O. W. 2019. Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Liquidity. Vol. 8. (2), hal. 111-123.

Rois, E. L. H. 2016. Pengaruh Religiusitas, Norma Subyektif Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Membeli Produk Makanan Ringan Berlabel Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rossanty, Y., Muhammad, D. T. P. N., dan Firman, A. 2018. Consumer Behaviour in Era Millenial. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Safira, I. D., dan Nurrani, K. 2019. The Drivers For Acceptance of Non-Credit Card Installment Services. School of Business and Management, Institusi Teknologi Bandung, hal. 424-429.

Sahroni, Oni. 2020. Fikih Muamalah Kontemporer Jilid 3: Membahas Persoalan Sosial dan Ekonomi Kekinian. Jakarta: Republika.

Setiadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2018. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yuswohady, Iryan, H., Farid, F., Hasanuddin, A. 2017. Gen M: Generation Muslim. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

http://carihadis.com, diakses pada tanggal 03 Juli 2020, pukul 23.12 wib.

https://www.lenteradana.co.id/lender/statistic, diakses pada tanggal 07 Mei 2020, pukul 22.28 wib.

www.darunnajah.com, diakses tanggal 24 Juni 2020.

https://www.google.com/amp/s/dailysocial.id/amp/post/shopee-paylater, diakses pada tanggal 02 Juni 2020, pukul 22.33 wib.

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/, diakses pada tanggal 9 mei 2020, pukul 12.02 wib.

https://sumut.bps.go.id/statictable/2020/06/08/1858/rata-rata-pengeluaran-per-kapita-sebulan-makanan-dan-bukan-makanan-di-daerah-perkotaan-dan-perdesaan-menurut-kabupaten-kota-rupiah-2018-dan-2019.html, diakses pada tanggal 14 Mei 2020.

http://shopee.co.id-inspirasi-shopee, diakses tanggal 16 Juni 2020
Published
2021-03-17
How to Cite
Fany Fadhila, Azhar, & MarpaungM. (2021). PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEEPAYLATER. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(2), 20-30. Retrieved from http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/194