STRATEGI GURU DALAM MENYIAPKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN SELAMA MASA PANDEMI DI TK SARTIKA
DOI:
https://doi.org/10.51510/polimedia.v24i3.711Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pandemi, Covid-19Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah strategi guru dalam menyiapkan pembelajaran yang menyenangkan selama masa pandemi di TK Sartika selama pandemi Covid-19 ?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menyiapkan pembelajaran yang menyenangkan selama masa pandemi di TK Sartika selama pandemi Covid-19 ?. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di masa pandemi covid-19 di TK Sartika II ini menggunakan strategi pembelajaran daring dan luring dan bisa mengkolaborasikan keduanya “blended learning”. Untuk pembelajaran daring guru menggunakan strategi pedagogis konstruktivistik hal ini di pilih untuk memudahkan guru untuk menyampaikan pembelajaran dinilai sangat membantu karena meliputi interaksi, kolaborasi, proyek, berbasis masalah. Pembelajaran luring sendiri guru menyampaikan pembelajarannya hanya menggunakan 4 strategi pembelajaran yang meliputi penemuan terbimbing, diskusi, demonstrasi dan belajar kooperatif, hal ini dilakukan karna terbatasnya waktu pembelajaran luring. Berdasarkan hasil penelitian faktor penghambat strategi pembelajaran daring yaitu tidak punya HP, paket data, susah sinyal, orang tua bekerja, anak jenuh atau malas belajar. Adapun faktor penghambat pembelajaran luring terbatasnya waktu pembelajaran. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring lebih bisa memanfaatkan teknologi, orangtua bisa .lebih dekat dengan anak, informasi untuk menyampaikan pesan dan menerima pesan, bisa dikerjakan kapan pun maupun dimanapun sesuai jam yang telah ditentukan. Faktor pendukung strategi pembelajaran luring Terbukanya sistem pembelajaran secara langsung pada zona kuning dan hijau.
References
Asmani, Jamal, Ma’mur. 2011b. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: Diva Press
Barizi, Ahmad & Idris, Muhammad. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadlillah Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogya: Ar-Ruzz Media
Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Imran. 2010. Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Alfabeta
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Masitoh., dkk. 2009. Strategi Pembelajaran, Jakarta:Dirjen Pendidikan Agama Islam Depag
Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press
Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta
Novan, Ardi Wiyani dan Barnawi. 2012. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Prawiradilaga, D.S., dkk. 2016. Mozaik Teknologi Pendidikan e-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Suyanto, Slamet. 2009. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara
Usman, Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda
Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada media