BAURAN PROMOSI SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PILIHAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Authors

  • Cathryna Rumondang Bulan Simangunsong Politeknik Negeri Jakarta
  • Sylvia Rozza Politeknik Negeri Jakarta
  • Jhonny Marbun Politeknik Negeri Jakarta
  • Bernadetta Anita Jerry Simbolon Politeknik Negeri Medan
  • Raden Odie Himawan Laksono Bank HSBC, Cabang Hayamwuruk

DOI:

https://doi.org/10.51510/polimedia.v24i3.708

Keywords:

bauran promosi, pilihan mahasiswa, model statistik, Program Studi Akuntansi pada Politeknik Negeri Jakarta.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh periklan terhadap pilihan mahasiswa, 2) pengaruh promosi penjualan terhadap pilihan mahasiswa, 3) pengaruh penjualan pribadi terhadap pilihan mahasiswa, 4) pengaruh hubungan masyarakat dan publisitas terhadap pilihan siswa 5) pengaruh bauran promosi (marketing communication/promotional mix), yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan publisitas secara bersama-sama terhadap pilihan mahasiswa melalui metode statistik. Pengumpulan data pada penelitian kausal komparatif ini akan dilakukan melalui wawancara dengan memberikan angket kepada responden yang merupakan mahasiswa yang sampelnya adalah mahasiswa pada dua kelas yang pada semester berjalan merupakan mahasiswa saya pada mata kuliah Analisis Laporan Keuangan di Politeknik Negeri Jakarta. Kajian ini yang mengedepankan penelitian ilmiah terapan berorientasi produk yang berada dalam ruang lingkup bidang kajian yang difokuskan pada masalah-masalah seperti Ekonomi dan Bisnis sebagaimana tertuang dalam RIRN (Rencana Induk Riset Nasional) dan Renstra (Rencana Strategis) Politeknik Negeri Jakarta akan diawali dengan penentuan sampel kemudian menguji hipotesis melalui analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi berganda serta statistik uji-t. Output yang ingin dicapai adalah model statistik pengaruh  periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan publisitas baik secara parsial maupun kolektif terhadap pilihan mahasiswa. Model tersebut juga akan menunjukkan seberapa kuat pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan pilihan mahasiswa terhadap Program Studi (Prodi) Akuntansi. Saran lainnya dapat diberikan bagi pembuatan kebijakan terkait penggunaan bauran promosi pada Prodi Akuntansi. Artikel tersebut akan dimuat dalam Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi Sinta 4, dan juga akan dipresentasikan pada sebuah Seminar Nasional.

References

Buil, I., dkk, 2013, Examining the Role of Advertising and Sales Promotions in Brand Equity Creation, Journal of Business Research, dilihat 10 Januari 2019: http://modir3-3.ir/article-english/article456.pdf

Callendee, C. dan Dougherty, K. J, 2018, Student Choice in Higher Educattion, New York: MDPI

Gujarati, N. D. dan Porter, D. C…, Basic Econometrics, dilihat 29 March 2018: file:///C:/Users/Dell/Downloads/Basic_Econometrics_5th_Edition_by_Damoda.pdf

Lehman, D. R. dan Srinivasan, S., 2013, Assessing Brand Equity Through Ad-n Sales, Research Gate, Dilihat: 5 April 2021: https://www.researchgate.net/publication/259952550_Assessing_Brand_Equity_Through_Add-on_Sales

Lukic, V. R. dan Lukic, N., 2016, Application of Marketing Mix Concept in Recruitment Strategies: Evidence from University of Novi Saad, Serbia, Megatrend Revija, 13(3):183-202, Dilihat 1 April 2021: https://www.researchgate.net/publication/312658748_Application_of_marketing_mix_concept_in_student_recruitment_strategies_Evidence_from_University_of_Novi_Sad_Serbia

Patra, S., dan Thakur, S. K., 2017, Prevalent Advertising Media & Its Role to Build Brand Equity: A Review, Diliat: 10 Agustus 2021: file:///C:/Users/Dell/Downloads/4PrevalentAdvertisingMediaItsRoletoBuildBrandEquityAReview.pdf

Potekhina, N. dkk, (2016), ‘Correlational-regression Analysis Application for the Forecast of the Specialists with Higher Education Requirement in Russian Economy’, International Journal of Economics and Financial Issues, Vol 6, No 2, pp 617- .

Shresta, N., 2020, Detecting Multicollinearity in Regression. Dilihat 15 Agustus 2021: file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/ajams-8-2-1.pdf
Sudjana, 1995, Metoda Statisika, Bandung: Tarsito.

Supranto, J., 2010, Statistik dan Teori Aplikasi, Jakarta: UI Press.

Todorova, G., Marketing Communication Mix, 2015, Trakia Journal of Sciences, Vol. 13, Suppl. 1, pp 368-374, 2015.

Wilkins, S. dan Balakrishnan, M. SS., 2012, Student Choice in Higher Education Motivations for Choosing to Study at an International Branch Campus, Journal of Studies in International Education. 16(5):413-433. Dilihat 1 April 2021: https://www.researchgate.net/publication/258157791_Student_Choice_in_Higher_Education_Motivations_for_Choosing_to_Study_at_an_International_Branch_Campus

Downloads

Published

2022-06-29