PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Ridha Asma Nurhusna Politeknik Negeri Meda
  • Larasati Gianis Politeknik Negeri Medan
  • Eli Safrida Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Profitabilitas, Ukuran perusahaan, Likuiditas, Ketepatan waktu laporan keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Dalam penelitian ini profitabilitas diukur dengan menggunakan return on assets, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan ln total aset dan likuiditas diukur dengan current ratio. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 37 perusahaan. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diumumkan di website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan yang terdaftar. Teknik analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini ialah metode regresi logistik menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan secara simultan. Secara parsial, likuiditas berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

References

Andini, H. W. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Skripsi. Universitas Bakrie.

Andriana, D., & Raspati, N. A. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Kepemilikan Publik Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 678.

Astuti, Widia. Teguh Erawati. Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan & Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). JURNAL KAJIAN BISNIS VOL. 26, NO. 2

Bursa Efek Indonesia. Peraturan Nomor I-E Keputusan Direksi PT Bursa Efek Jakarta Nomor: Kep-306/BEJ/07-2004 Tentang Kewajiban Penyampaian Informasi. Jakarta

. Laporan keuangan dan laporan tahunan. Diakses pada Februari 2020 dari http://www.idx.co.id.

Carolina, J., Vargo Christian L. Tobing (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. JURNAL AKUNTANSI BARELANG Vol.3 No. 2

Darmawan, G. A., & Putra, I. P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas pada Ketepatwaktuan Penyampaian Laporan Keuangan dengan GCG Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5, 525-552.

Dewi, M. S., & Herawati, E. (2015). Pengaruh Opini Audit, Struktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. JP FEB UNSOED.

Diliasmara, Dimas Aldrian & Nadirsyah. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Financial Leverage, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013-2015. JIMEKA Vol.4 No.2.

Dyer, James C & Arthur J. Mchugh (1975). The Timeliness of the Australian Annual Report. Journal of Accounting Research, Vol. 13, No.2.

Gafar, A., Malisan, L., & Irwansyah. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. FORUM EKONOMI.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. S. (2011). Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali Pers.

Jayanti, F. D. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit dan Profitabilitas terhadap Ketepatan Penyampaian Laporan Keuangan. AKUISISI, 14, 26-33.

Jensen, M., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, Oktober, 1976, V. 3, No. 4, 305-360.

Kadir, A. (2011). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. JURNAL MANAJEMEN DAN AKUNTANSI

Kasmir. (2012). Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mahendra, I. B., & Putra, I. W. (2014). Pengaruh Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatwaktuan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Medcom.id. (2019). Bursa Sanksi 13 Emiten yang Belum Sampaikan Laporan Keuangan. Diakses pada 9 Maret 2020, dari https://www.medcom.id/ekonomi/bursa/1bVy8RPN-bursa-sanksi-13 emiten-yang-belum-sampaikan-laporan-keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (2016). Peraturan OJK Nomor 29/POJK.04/2016 Tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Keuangan bagi Emiten atau Perusahaan Publik. Jakarta.

Nurmiati. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Volume 13, 166.

Sanjaya, I. M., & Wirawati, N. P. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15, 17-26.

Saleh, R., & Susilowati, l. (2017). Studi Empiris Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. JURNAL BISNIS STRATEGI, 13(1), 66-80.

Sari, Retna. (2015). Pengaruh Umur Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (TIMELINESS). EQUITY Vol.18 No.1.

Sembiring, Yan Christin. (2015). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JRAK Vol 1 No. 2

Surachyati, E., Abubakar, E., & Daulay, E. (2019). Analysis of Factors That Affect the Timeliness of Submission of the Financial Statements on Transportation Companies in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Research and Review.

Tanuwijaya, F. & Ratnawati K. (2011). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Reputasi KAP, Kepemilikan Publik dan Opini Audit Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Ultima Accounting Vol 3. No.2.

Wulandari, Septi., Wahyudin Nor,. Antonius G. Sondakh (2016). KETEPATAN WAKTU PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Banjarmasin.

Yuniansyah, O. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Kepemilikan Publik Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2012-2016). Skripsi. Universitas Pasundan.

Downloads

Published

2022-02-23

Issue

Section

Articles