ANALISIS KEPUASAN DOSEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UNIT KERJA POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Authors

  • M Faisal Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Unit Kerja, Servqual, IPA

Abstract

Untuk mencapai visi dan misi Politeknik Negeri Medan maka seluruh unit kerja harus dituntut memberikan pelayanan yang terbaik bagi stakeholdernya. Dosen adalah salah satu pengguna dari unit kerja yang ada sehingga  berkepentingan terhadap kualitas pelayanannya. Kualitas layanan  dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa yang dapat mempertipis kesenjangan antara harapan/kepentingan dengan layanan jasa yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan dari unit kerja dari Politeknik Negeri Medan yaitu unit kerja: UPT Perpustakaan, Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM), Bagian Umum dan Keuangan (Sub Bagian Tata Usaha dan Sub Bagian Kepegawaian ) dan Bagian Umum dan Kemahasiswaan (Sub bagian Akademik dan Kemahasiswaan dan Sub Bagian Perencanaan Sistem Informasi). Sehingga dari hasil penelitian ini dapat suatu masukan untuk perbaikan kualitas layanan, penyempurnaan fungsi dan pembenahan system.  Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner dengan skala Likert dan  menggunakan proporsionate random sample dengan jumlah 76 responden. Teknik analisis data  adalah dengan Servqual dan Analisis Tingkat Kepentingan  (Importance Performance Analysis) yang diolah dengan SPSS.  Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana tingkat kepuasan dosen  terhadap Unit kerja Politeknik Negeri Medan yang diukur dengan metode Service quality  dan Importance Perfomance Analysis  (IPA) . Hasil penelitian ini adalah  penilaian tingkat kepuasan Dosen  terhadap Unit Pelaksana (UPT) Perpustakaan adalah sangat memuaskan dan yang perlu prioritas perbaikan adalah jumlah dan jenis koleksi buku, layanan internet dan birokrasi pelayanan.Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM) adalah Sangat Memuaskan dan yang perlu prioritas perbaikan Obyektifitas penilaian proposal. Pada Bagian Umum dan Keuangan (Sub Bagian Tata Usaha dan Sub Bagian Kepegawaian)  adalah sangat memuaskan dan yang perlu prioritas perbaikan adalah Sarana dan fasilitas pegawai, sedangkan pada Bagian Umum dan Kemahasiswaan (Sub Bagian Perencanaan Sistem Informasi) adalah  sangat memuaskan dan yang perlu diperbaiki adalah Sarana dan fasilitas.

References

Arikunto, Suharsimi ( 1998 ),Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke- 8, Rineka Cipta. Yokyakarta.
Kotler, Philip, 2000, Marketing Management, The Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall International Inc.
Martilla, J.A. and James, J.C. 1977,”Importance-performance analysis”, Journal of Marketing, pg. 77-79.
.Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L. L. Berry, 1990b, “Delivering Service Quality : Balancing Customer Perceptions and Expectations”, New york : Free Press.
Sugiyono ( 2002 ), Metode Penelitian Administrasi, Alfabetha, Bandung
Surakhmad, Wiranto ( 1994 ), Pengantar Penelitian Ilmiah, Tarsito, Bandung
Singgih Santoso (2000), Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputido kelompok Granredia Anggota IKAPI, Jakarta.
Supranto, J, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Tjiptono, F., & Chandra, G, 2005, Service Quality & Satisfaction, Yogyakarta : ANDI

Downloads

Published

2020-06-11