PENGARUH SODA API PADA CAMPURAN PASTA SEMEN DENGAN TANAH LIAT SEBAGAI BAHAN PENAMBAL KEBOCORAN DINDING KAPAL YANG TERENDAM DI DALAM AIR

Authors

  • Samiran Politeknik Negeri Medan
  • Marsedes Purba Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Penambalan dinding atau lantai kapal yang terendam dalam air, “soda api” (natrium hidroksida), optimal,daya dukung

Abstract

Pada penelitian ini akan dibahas  efek penggunaan “soda api” (natrium hidroksida) terhadap kecepatan waktu mengeras daya dukungnya untuk penambalan dinding kapal / perahu yang terendam dalam air . Material yang akan digunakan adalah campuran “ semen Portland” , “tanah liat, “soda api” ”(natrium hidroksida) dan “air” tanah liat ang diteliti  berasal dari Pancurbatu-Deli Serdang, air bersih, dan semen dari Medan.

Setelah melakukan beberapa percobaan komposisi campuran maka pada penelitian ini dilakukan dengan 6 variasi dengan komposisi campuran dengan perbandingan berat : 1 Tanah Liat : 4 Portland Cement  dan penambahan Soda Api yang berbeda; dengan  konsentrasi penambahan “soda api” (natrium hidroksida) ; 0,5 %,1 %, 1,5 %, 2 %,2,5 %, 3 % , 3,5 % dan  4 %, dengan faktor air semen 0,45

Dari hasil pengujian terhadap benda uji pada Penelitian ini yang dilaksanakan di Laboratorium Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan. Adalah kadar soda api yang optimal adalah sebesar 0,5 % dan menghasilkan daya dukung kuat tekannya adalah sebesar 67,98 Kg/cm2.

Dengan harapan semoga hasil dari penelitian dapat digunakan sebagai alternatif bahan penambal dinding kapal khususnya bagi para kaum nelayan yang ada di perairan Belawan dan sekitarnya.

References

AASHTO, 1998, Standar Specification for transportation materials and Methods of Sampling and Testing, 19th edition, Part II, Washington D.C.
Das, B.M., 1985, Principles of Geotechnical Engineering, PWS-Publishing Company, Boston, Massachusetts.
Hakam, A., Yuliet, R. dan Rahmat Donal, 2010, STUDI PENGARUH PENAMBAHAN TANAH LEMPUNG PADA TANAH PASIR PANTAI TERHADAP KEKUATAN GESER TANAH, Jurnal Rekayasa Sipil, Fakultas Teknik Universitas Andalas, ISSN: 1858-2133
Head, K. H. , C.Eng. FICE, FGS, 1982, Manual Soil Laboratory Vol. 2, Pentec Press, London.
Huang Y. H., 2004, Pavement Analysis and Design, Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ 07458.
Petergo, 2011, DIRECT SHEAR&SUDUT GESER DALAM/ PERCOBAAN GESER LANGSUNG (UNCONSOLIDATED UNDRAIN) htm, rerieved on 28 Mei 2014 at 07:04 PM
Taufiq Rahman, 2011, Direct Shear Test,
http://2.bp.blogspot.com/_5EFbH6cFePM/TUE1iOtKXFI/AAAAAAAAAJA/kiJGHpzoeYU/s320/image008.jpg, retrieved on May 28th 2014 at 16.00 PM

Downloads

Published

2020-06-11