IDENTIFIKASI SANDWICH PANEL PADA STRUKTUR GELADAK KAPAL

Authors

  • Windra Iswidodo Politeknik Negeri Madura
  • Auliana Diah Wilujeng Politeknik Negeri Madura
  • Ahmad Mustofa Politeknik Negeri Madura

Keywords:

Sandwich Panel, Synteticresin, Geladak Kapal

Abstract

Pengembangan bahan sandwich untuk struktur kapal ditujukan terutama untuk mengurangi bobot kapal sehingga muatan kapal dapat meningkat. Makalah ini membahas pengembangan bahan inti sandwich yang sesuai untuk struktur kapal. Bahan inti terbuat dari resin sintetis dan talak; Persentase talak dengan berat total yang diteliti adalah 10 persen, 20 persen, 30 persen, dan 40 persen. Uji laboratorium yang disyaratkan oleh Lloyd's Register (LR) dan Det Norske Veritas (DNV) dilakukan pada bahan inti. Selain itu, sandwich panel terdiri dari kulit (faceplate) baja dan bahan inti yang dikembangkan  diuji dengan menggunakan standar ASTM termasuk uji tarik, geser, dan lentur untuk mengetahui karakteristik material. sandwich panel digunakan untuk mendesain geladak kendaraan pada kapal jenis ro-ro. Analisis geladak sandwich panel pada beban desain dengan menggunakan pendekatan elemen hingga dilakukan untuk memilih bahan core terbaik yang dikembangkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa material sandwich panel yang terbuat dari bahan inti dengan kandungan talak 40 persen lebih baik dari komposisi yang lain. Selain itu, penggunaan sandwich panel mampu menghasilkan perubahan berat konstruksi sebesar 10,73 persen

References

ASTM C 273. Standard Test Method for Shear Properties of Sandwich Core Materials. American National Standard Institute, United States.
ASTM C 393. Standard test method for flexural properties of sandwich constructions. American National Standard Institute, United States.
ASTM D 412-68. Standard method of tension testing of vulcanixed rubber. American National Standard Institute, United States.
Badan Standardisasi Nasional. (2016). Pembebanan untuk Jembatan. SNI.1725:2016, BSN, Indonesia.
Biro Klasifikasi Indonesia. (2006), Mechanical and Thecnological Tests, Section 2. BKI, Indonesia.
Budinski, G dan Budinski, K. (1999). Engineering Materials-properties and Selection. Sixth Edition. New Jersey: Pretice Hall International.
Det Norske Veritas. (2012). Steel Sandwich panel Construction. Classification notes, No.30.11. DNV, Norway
ISO 845. (2006). Cellular plastics and rubbers – determination of apparent density. International Standard, Switzerland.
Momcilovic.N., Motok.M. (2009), Estimation of Ship Lightweight Reduction by Means of application of Sandwich Plate System. Faculty of Mechanical Engineering, University of Belgrade, Serbia.
Llyod’s Register. (2006). Provosional rules for the application of sandwich panel construction to ship structure. Llyod’s Register, UK
Utomo, E. Zubaydi, A. (2016). Penggunaan Sandwich panel (Pelat Baja dan Synthetic Resin) Pada Konstruksi Kapal. Tesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Utomo. E, Zubaydi. A, Pratisna, P. (2016). Study of core material sandwich panel in ship construction. Proceedings of the 2nd International Seminar on Science and Technology (ISST), Surabaya.

Downloads

Published

2021-03-25