STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM PADA PT NIPPON INDOSARI CORPINDO TBK

Authors

  • Widopo Hanly Politeknik Negeri Medan
  • Syahriani Politeknik Negeri Medan
  • Nurlinda Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi SWOT

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat saling bersaing serta bisnis kuliner yang harus mengikuti perkembangan pasar yang menuntut perusahaan untuk membuat strategi pemasaran agar mampu bersaing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang menggunakan penelitian sebelumnya sebagai alat bantu penelitian dan studi pustaka sebagai teknik penelitian dimana PT Nippon Indosari Corpindo Tbk sebagai objek penelitian. Strategi pemasaran SWOT efektif bagi perusahaan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain dan perusahaan harus dapat melihat dan memanfaatkan kondisi pasar dan menjadikannya sebagai risiko yang menguntungkan.

References

Azis, M. N. L. 2019, November. Marketplace Untuk Peningkatan Penjualan Menggunakan Swot Analysis. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 1, No. 1, pp. 212-216).

Dwiputra,Gerry Anugrah. 2017, Desember. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Rumah Makan Krebo Jantan” Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Serang Raya

Harahap,Abdul Haris.2016. Analisis Swot Pada Pt. Unilever Tbk. Magister Manajemen Universitas Sumatera Utara. Medan.

Indah,Dewi Rosa. 2015. “Analisis SWOT pada Saqinah Swalayan di Kota Langsa” Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra

Komari, A. 2016 . Strategi Pemasaran Produk Indosat M3 di Kota Kediri Berdasarkan Analisis SWOT. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 3(02).

Mualifah. 2005. Analisis SWOT Kinerja Karyawan dan Minat Nasabah Dalam Peningkatan Kualitas Pembiayaan di LKS ASRI Tulungagung, Jurusan Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Negeri Tulungagung

Noor, S. 2014 . Penerapan Analisis Nugrohojati, A. S. 2013. Perencanaan Strategi Pemasaran Melalui Metode SWOT Guna Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus: PT.CI Kemang No. 112 Jakarta Selatan). Skripsi Teknik Industri. Fakultas Teknik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI.
Nurhayati, Sri. 2019,Mei. Analisis Strategi Sistem Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Analisis SWOT( Teknik Komputer UPN “Veteran Yogyakarta)

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. 2013. Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus McDonald’S Ring Road). Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(4).

Rizal, Herman Syah. 2018.Strategi Analisa Swot ( Studi Kasus Pada Pt. Nippon Indosari Corporindo ) Produsen Sari Roti. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.Jakarta.

Sri Boga Team.23 Juni. Belajar Ketahanan Bisnis Era Pandemi dari Sari Roti dan Pizza Hut. https://www.sriboga.com/post/belajar-ketahanan-bisnis-era-pandemi-dari-sari-roti-dan-pizza-hut (Diakses tanggal 17 November 2020)


Tolani, A. W. 2020 . Analisis Strategi Pemasaran Produk Indihome Pt Telkom Indonesia Tbk Banjarmasin . Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Wijaya, N. G. 2018 . Strategi Marketing Public Relations Shopee Dalam Menghadapi Persaingan E-Commerce Di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Yadi, Hendri. 2014 . Penerapan Strategi Analisis SWOT DAN Porter. Skripsi Fakultas Teknik, Universitas Indonesia

Yusuf, M., & Utomo,H. 2015, November. “Analisis SWOT Sebagai Dasar Penentu Strategi Bersaing Radio Suara Salatiga”. GRADUASI Vol.34 )

Yuniastuti, Made Citra, Suci Fika Widyana dan Feni Heryani. 2014. Strategy and Performance Evaluation Analysis of PT Nippon Indosari Corpindo. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 3 Issue 6, June 2014.

Downloads

Published

2021-03-25