DISEMINASI PENGETAHUAN MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DIGITALISASI BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Dina Arfianti Siregar
  • Cut Nizma Politeknik Negeri Medan
  • Siti Asnida Nofianna Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia, Konten

Abstract

Revolusi Industri 4.0 memicu banyak hal. Salah satunya transformasi di bidang pendidikan. Produk-produk yang dihasilkan di sektor tersebut pun mengalami penyesuaian. Khususnya pada produk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan sebagai diseminasi ilmu pengetahuan dalam menghasilkan prototipe bentuk pengembangan media ajar melalui sebuah penerapan studio e-learning yang nantinya dapat dimanfaatkan sivitas akademika dalam mengelola dan mengkonversi bahan ajarnya menjadi konten yang menarik, kreatif, dan inovatif. Dengan adanya prototipe studio e-learning, dosen dapat terbantu dalam melakukan penyegaran (refreshment) bahan ajar yang selama ini dimiliki. Upaya penyegaran tersebut berujung pada indeks kepuasan mahasiswa sebagai pengguna jasa pendidikan sekaligus users dari produk pendidikan yang dibuat dan dipublikasikan oleh pendidik. Tren karakterisik peserta ajar yang semakin tahun semakin muda, sedangkan usia pendidik yang semakin lama semakin menua, menjadi tantangan tersendiri hadirnya penelitian ini.

References

Faisal, Muhammad. “Generasi Kembali Ke Akar”, Penerbit Kompas, 2020.
Deloitte Indonesia. “Deloitte Indonesia Perspectives”, Edisi Pertama, September 2019.
Cheung, L. “Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation”, 2016. [Research article]. https://doi.org/10.1155/2016/950257
Mulyatiningsih, E. “Modul kuliah pengembangan Model Pembelajaran”. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2012.

Downloads

Published

2021-03-25