ANALISIS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PT INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL TBK

Authors

  • Hasnah Juniarni Nasution POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Juneva Kastarina Tarigan Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Azmii Dalimunthe Politeknik Negeri Medan
  • Nurlinda Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Analisis BCG, Strategi BCG

Abstract

Jamu banyak digunakan oleh masyarakat Indosesia untuk pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran bahkan kecantikan. Seiring berjalannya waktu  perkembangan dalam dunia pengobatan telah mencapai pada pemahaman baru yang meyakini bahwa semua yang berasal dari alam akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan dari pada produk kimiawi atau sintesa (back to nature). PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk adalah perusahaan jamu tradisional dan farmasi menggunakan mesin-mesin mutakhir. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif, posisi dan strategi yang harus dilakukan oleh PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk untuk mampu bersaing di industry farmasi. Adapun metode penelitian ialah analisa deksriptif, jenis data kuantitatif dengan menggunakan data sekunder atau metode dokumentasi, dan dianalisis dengan teknik matriks Boston Consulting Group. Hasil penelitian PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berada pada posisi Question Marks. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memiliki tingkat pertumbuhan perusahaan yang tinggi dengan pangsa pasar yang rendah. Strategi yang dilakukan oleh perusahaan  untuk mampu bersaing ialah melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan produk, serta divestasi.

Kata Kunci:

Analisis BCG, Strategi BCG

References

REFERENSI

Pearce, John A. Robinson, Richard B. 2008. Manajemen Strategis Formulasi,Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.
Grifin. 2016. Manajemen. Edisi 7. Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga
David, Fred R. 2016. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20200214/5433022/ayo-minum-jamu-ayo-sehat-jamu/
https://sis.binus.ac.id/2019/06/20/bcg-matrix/#:~:text=Boston%20Consulting%20Group%20Matrix%20yang,untuk%20masing%2Dmasing%20produk%20tersebut.
https://sis.binus.ac.id/2019/06/20/bcg-matrix/#:~:text=Boston%20Consulting%20Group%20Matrix%20yang,untuk%20masing%2Dmasing%20produk%20tersebut.
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-analisis-matriks-bcg-dan-contohnya/
https://sianaktalas.wordpress.com/2014/01/16/boston-consulting-group-bcg/
https://glints.com/id/lowongan/penetrasi-pasar-adalah/#anchor_0

Downloads

Published

2021-06-14