Analisis Kualitas Lulusan Program Studi D4 Mice Politeknik Negeri Medan Pada Industri Mice Di Medan

Authors

  • Agus Mariani Saragih Politeknik Negeri Medan
  • Netty Politeknik Negeri Medan
  • Iriance Politeknik Negeri Medan

Keywords:

kualitas lulusan, Prodi D4 MICE, industri MICE

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas lulusan Program Studi D4 MICE pada industri MICE di Medan. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data kualitatif dengan wawancara kepada event organizer MICE, sedangkan data kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 4 event organizer MICE dari populasi 8 (delapan) event organizer MICE yang ada di Medan tempat lulusan Prodi MICE Politeknik Negeri Medan telah bekerja. Sampel yang diambil untuk survei sebanyak 15 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana dan deskriptif kualitatif. Variabel penelitian ini adalah intergritas, keahlian bidang, Bahasa Inggris, komunikasi, kerja sama tim, pengembangan pribadi. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas lulusan prodi MICE Polmed dalam kemampuan integritas, pengembangan kepribadian, kemampuan berkomunikasi sangat baik. Kemampuan alumni Prodi MICE Polmed dibidang keahlian seperti pembuatan proposal, sponsorship dan bidding serta kemampuan berbahasa Inggris dikatakan cukup baik. Hasil penelitian ini didukung oleh hasil wawancara mendalam dengan 4 orang pimpinan perusahaan event organizer sebagai pengguna lulusan Prodi MICE Polmed mengatakan bahwa lulusan Prodi MICE dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di industri MICE karena telah mendapatkan keahlian dan pengetahuan serta berperilaku baik atau memiliki kompetensi tinggi yang dibutuhkan di industri MICE.

References

Abdullah Iqbal Alan, 2018, Tantangan SDM dan Pemasaran MICE, https://venuemagz.com/feature/tantangan-sdm-dan-pemasaran-mice/, diakses 10 Agustus 2019.
Kesrul. M. 2004. Panduan Praktis Pramuwisata Profesional. Graha Ilmu. Jakarta.
Kesrul, M. 2004. Meeting Incentive Trip, Conference and Exhibition. Jakarta: Graha Ilmu.
Pendit, N. S. 1999. Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradya Paramita.
Raharjo, M. D. 1999. Intelektual, Inteligensia, dan Perilaku Politik Bangsa. Bandung: Mizan.
Rifandi, Ahmad, 2012, Mutu Pembelajaran dan Kompetensi Lulusan Diploma III Politeknik, Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Soegoto, E. S. 2009. Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Sukirno, S. 2006. Pengantar Binsis. Jakarta: Prenada Media Group.
Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.
Tjiptono, F., & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi, dan Penelitian). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-08-22

Issue

Section

Articles