Studi Pengaruh Campuran Abu Terbang (Fly Ash) Sisa Pembakaran Batubara terhadap Sudut Geser Dalam Tanah Nonplastis

Authors

  • Marsedes Purba Politeknik Negeri Medan

Keywords:

tanah, fly ash, plastisitas, sudut geser dalam.

Abstract

Tanah merupakan tempat berdirinya suatu konstruksi bangunan. Agar bangunan yang berdiri di atasnya dapat kokoh dan stabil, tanah harus mempunyai karakter teknik yang baik. Oleh karenanya, sebelum konstruksi dibangun, terlebih dahulu diselidiki sifat dan karakter teknik tanah, agar dapat ditentukan perencanaan pondasi dan struktur yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Pada penelitian ini dipelajari pengaruh campuran fly ash sisa pembakaran batu bara terhadap sudut geser dalam (internal friction angle) tanah non plastis.  Material yang digunakan adalah fly ash type C dan tanah non plastis hingga tanah dengan plastisitas sangat rendah yang berasal dari Binjai.  Pada penelitian ini dibuat 9 variasi  campuran  tanah :  fly ash dengan komposisi: 76% : 24%;  79% : 21% ; 82% : 18%; 95% : 15%; 88% : 12%; 91% : 9%; 94% : 6%; 97% : 3%; dan   tanah 100%. Penambahan  kadar abu terbang berdasarkan persentase campuran yang dikalikan dengan  berat kering sampel tanah. Sebelum uji geser langsung dilaksanakan, beberapa uji pendahuluan  terhadap tanah asli seperti  sieve analsys test, specific gravity test dan Atterberg Limits Test  dilakukan, dan diperoleh hasil bahwa Gs = 2,64 dan tanah adalah non plastis. Melalui pengujian ini diteliti sejauh mana sifat cementing yang dimiliki abu terbang berpengaruh terhadap nilai sudut geser tanah. Dari hasil uji laboratorium  dengan uji geser langsung  diperoleh bahwa penambahan abu terbang hingga 6 %  memberikan nilai sudut geser maksimal, dimana nilai ɸ = 64.778° dan nilai C = 0,156, sementara pengujian pada tanah asli diperoleh nilai ɸ = 61.085° dan nilai C = 0,0087. Penambahan fly ash dengan kadar di atas 6 persen menimbulkan penurunan pada nilai sudut geser maupun pada nilai C.

References

AASHTO, 1998, Standar Specification for transportation materials and Methods of Sampling and Testing, 19th edition, Part II, Washington D.C.
Anonymous, 12 Juni 2014 https://www.google.co.id/?gws_rd=ssl#q=direct+shear+test
Das, B.M., 1985, Principles of Geotechnical Engineering, PWS-Publishing Company, Boston, Massachusetts.
Hakam, A., Yuliet, R. dan Rahmat Donal, 2010, STUDI PENGARUH PENAMBAHAN TANAH LEMPUNG PADA TANAH PASIR PANTAI TERHADAP KEKUATAN GESER TANAH, Jurnal Rekayasa Sipil, Fakultas Teknik Universitas Andalas, ISSN: 1858-2133
Head, K. H. , C.Eng. FICE, FGS, 1982, Manual Soil Laboratory Vol. 2, Pentec Press, London.
Huang Y. H., 2004, Pavement Analysis and Design, Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ 07458.
Noname, 2010, Fly Ash, Wikipedia – the free encyclopedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Fly_ash, retrieved on May 25th 2010 at 13:25
Petergo, 2011, DIRECT SHEAR&SUDUT GESER DALAM/ PERCOBAAN GESER LANGSUNG (UNCONSOLIDATED UNDRAIN) htm, rerieved on 28 Mei 2014 at 07:04 PM
Sukirman, S., 1993, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Bandung.
Taufiq Rahman, 2011, Direct Shear Test,
http://2.bp.blogspot.com/_5EFbH6cFePM/TUE1iOtKXFI/AAAAAAAAAJA/kiJGHpzoeYU/s320/image008.jpg, retrieved on May 28th 2014, at 16.00
Tomlinson, M.J. 1975, Foundation Design and Construction, Pitman Publishing, New York, USA.

Downloads

Published

2020-08-22

Issue

Section

Articles