ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC BAJAK

Authors

  • Rafika Indriyani Politeknik Negeri Medan
  • Delima Tamba Politeknik Negeri Medan
  • Lia Hartika Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Strategi Pemasaran, Tabungan Emas

Abstract

Tujuan laporan HAKIM ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk tabungan emas PT Pegadaian (Persero) UPC BAJAK berdampak pada peningkatan jumlah nasabah. Laporan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam laporan HAKIM ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi serta teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari laporan HAKIM ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pada PT Pegadaian (Persero) UPC BAJAK dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu strategi produk, harga, tempat, promosi, orang/SDM, bukti fisik dan proses. Adapun kendala pada PT Pegadaian (Persero) UPC BAJAK khususnya pada strategi promosi sehingga PT Pegadaian (Persero) UPC BAJAK kurang melakukan sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat sekitar mengenai apa itu tabungan emas, apa manfaatnya dan lain-lain, karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti mengenai produk tabungan emas dan sebaiknya, sebelum melakukan sosialisasi sebaiknya PT Pegadaian (Persero) UPC BAJAK membuat suatu ide atau rencana untuk mengedukasi masyarakat agar tertarik menggunakan produk tabungan emas pegadaian.

References

Anwar, Sanusi. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Assauri. (2013). Strategic Management : Suistunable Competitive Advantages. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amstrong, K. d. (2018). Marketing. Jakarta: Erlangga.

Bitner, Z. d. (2013). Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Boston: Mc. Graw-Hill.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta CV.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Offset CV Andi .

Downloads

Published

2024-05-31