RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA MAPAGRATWA POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Authors

  • Anggi C Simarmata Simarmata Politeknik Negeri Medan
  • Sharfina Faza Politeknik Negeri Medan
  • Meryatul Husna Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Sistem Informasi, Website,Unit Kegiatan Mahasiswa, php

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa Mapagratwa (Mahasiswa Pencinta Alam Gunung Rimba Tebing dan Satwa) adalah salah satu organisasi yang ada di Politeknik Negeri Medan yang bergerak di bidang kegiatan alam terbuka dan kepencinta alaman. UKM Mapagratwa masih menggunakan sistem manual dalam pendataan keanggotaan Mapagratwa yang anggotanya sudah lebih dari 300 orang sejak angkatan pertama tahun 1993. Selain itu pendaftaran calon anggota baru yang ingin bergabung dan masuk dalam UKM Mapagratwa masih manual dengan pengisian form di kertas yang di berikan olah panita penerimaan calon anggota baru. Penyebaran informasi yang kurang meluas juga menyebabkan banyak mahasiswa Politeknik Negeri Medan yang tidak tahu informasi terkini dan terupdate seputar kegiatan dari UKM Mapagratwa. Karena belum optimalnya UKM Mapagratwa untuk itu diperlukan sistem informasi Mapagratwa berbasis Web dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL dengan web server Apache. Pembuatan sistem ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dalam penyebaran informasi kegiatan dan jaga dalam melakukan pendaftaran calon anggota baru UKM Mapagratwa.

References

Abdulloh. 2018. Pembagian Website: Jakarta.

A, Agustini,, Kurniawan Wahyu Joni. 2019. Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi

Anggraini, Y., Pasha, D., & Damayanti, D. 2020. Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi.

Fitriyana, F., & Sucipto, A. 2020. Sistem Informasi Penjualan oleh Sales Marketing Pada PT Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi.

Jannah dan Sarwandi. 2019. Pengertian PHP: Surabaya.

Maulani, Giandari., Septiani, D., dan Sahara, P. N. F. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Fasilitas Maintenance Pada Pt. Pln (Persero) Tangerang. ICIT Journal.

Mulyati, Rasyid Tarmizi dan Angga Panugali. 2018. Sistem Informasi Absensi Berbasis Web Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang. Jurnal ICIT.

Permata Sari, Atikah., Suhendi. 2020. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Talent Film Berbasis Aplikasi Web. Jurnal Informatika Terpadu

Khadaffi, Y., Jupriyadi, J., & Kurnia, W. 2021. Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru Di Era New Normal (Studi Kasus: SMA Negeri 1 KRUI). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi.

Rahmawati, F. H., & Adityarini, E. 2021. Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV. Anak Teladan.

Jurnal Sistem Informasi.

Yani, Ahmad., Saputra, & Beni. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web (Studi Kasus Di Smk Nusa Putra Kota Tangerang). Jurnal Petir.

Downloads

Published

2024-05-31